BudayaDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline news

Bupati Hermus Indou Lepas Peserta Carnaval Budaya Festival Teluk Doreh 2023

MANOKWARI, gardapapua.com — Bupati Manokwari, Hermus Indou, S.IP,M.H, secara resmi melepas peserta Karnaval Budaya Festival Teluk Doreh Tahun 2023, yang digelar dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi ke-125 Kabupaten Manokwari.

Adapun lokasi strart dimulainya kegiatan yang melibatkan peran serta dari seluruh lapisan elemen dan kerukunan Masyarakat Adat yang berada di Wilayah Manokwari, Para Pelajar, dan Kelompok Organisasi Kepemudaan ini berlangsung di Jalan Percetakan Manokwari, pada sabtu (4/10/2023), sore, sekira pukul 15.00 wit.

Pasca resmi dilepas oleh Bupati Hermus Indou, barisan peserta Budaya Karnival ini lalu dipimpin pergerakannya oleh kelompok drumb band dari SMAN Taruna Kasuari Nusantara Papua Barat, dengan menyusuri rute, Jl. Percetakan, Melewati Pasar Sanggeng, Kantor Primer Koperasi TNI Angkatan Laut (Primkopal) Fasharkan Manokwari, dan finish di Lapangan TNI AL Biyorsi, Manokwari.

Tujuan digelarnya Karnaval Budaya ini adalah selain untuk melestarikan budaya tradisional masyarakat dalam kesukuan dan kearifan lokal, yang berada diwilayah Manokwari, Papua Barat dalam rangka ke-125, tapi juga sebagai wadah, menampilkan kreativitas dan memotivasi Masyarakat Manokwari untuk mendukung program – program Pemerintah Daerah dalam hal mempromosikan budaya dan pariwisata.

Dalam sanbutannya, Bupati Hermus Indou, menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tinginya kepada seluruh keterwakilan suku – suku di Wilayag Manokwari yang telah memberikan dukungan sepenuhnya kepada panitia penyelenggara, untuk bersama hadir dan terlibat dengan keterwakilan masyarakatnya, guna mensukseskan program Pemerintah Daerah dalam konsep Festival Teluk Doreh Tahun 2023, yang digelar dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi ke-125 Kabupaten Manokwari.

“Dalam rangka HUT ke-125 Manokwari, saya mengajak kita semua untuk bersyukur bisa terlibat dalam rangkaian acara ini secara bersama – sama. dan perlu diketahui, puncak acara dalam rangka HUT ke 125 nanti adalah pada tanggal 11 november 2023. Izinkan saya Bupati Kabupaten Manokwari menyampaikan terima kasih, apresiasi dan penghargaan setinggi – tingginya kepada seluruh ketua – ketua kerukunan dan juga para kepala suku baik dari suku – suku di Papua dan perwakilan Nusantara, semua Pimpinan OPD dilingkup Pemerintahan Kabupaten Manokwari, Forkopimda dan semua pihak yang turut terlibat memeriahkan pawai budaya atau karnaval festival toreh ini,”Ucap Bupati.

Bupati juga mengajak seluruh warga Masyarakat Manokwari, untuk memaknakan perbedaan sebagai kekuatan membangun daerah Manokwari, demi mencapai kemajuan yang lebih besar.

“Kegiatan ini, diharapkan dapat memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan serta kekeluargaan dari kita semua. Sebab kita adalah indonesia, kita Manokwari, Kita Papua. Jadi kita yang ada disinu mulai dari sabang – merauke, yang berada di Manokwari adalah warga dan bagian dari Manokwari. Untuk itu saya tegaskan jangan kita membedakan, ras, golongan, namun jadikan itu sebagai bagian dari tanggung jawab kita bersama – sama untuk membangun Manokwari, dalam kebhinekaan dan keberagamaan secara bersama – sama,”Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *