DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsInfo Ekobiez

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, BPD HIPMI Papua Barat Giatkan Pelatihan UMKM Gratis

MANOKWARI, gardapapua.com — Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) BPD Papua Barat melalui Bidang UMKM, Koperasi dan Kewirausahaan, kini berfokus menggelar pelatihan UMKM bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di Manokwari, Papua Barat.

Kegiatan pelatihan yang digiatkan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah itu, dilaksanakan secara gratis, terbagi dalam beberapa tahap kedepan. Adapun telah dimulai sejak 23 September 2023 untuk tahap pertama, dan akan dilanjutkan pada tahap kedua pada tanggal 30 september 2023.

Kristofel selaku Ketua Bidang IX BPD HIPMI Papua Barat menuturkan, bahwa dasar pihaknya melaksanakan pelatihan dimaksud, adalah untuk mendorong adanya peningkatan pelaku UMKM lebih membangun jejaring, kreatif, inovatif dan berdaya saing di era melenial. Dengan potensi yang sangat besar, UMKM nantinya dapat menjadi penggerak ekonomi suatu daerah.

Selain itu, tujuan pelatihan – pelatihan seperti demikian agar pelaku usaha bisa menghasilkan produk, yang siap bersaing dan memberikan dampak nilai ekonomis dan kesejahteraan nantinya.

Menurutnya, dalam menjalankan bisnis pelaku usaha harus punya keseriusan dan didasari dengan sikap dan keseriusan. Sebab, kedisiplinan, percaya diri, dan memiliki motivasi yang kuat adalah modal utama atau tips bila ingin menjadi entrepreneur muda yang sukses.

“Kami BPD HIPMI melalui bidang IX, merasa perlu melakukan pelatihan UMKM ini agar dapat membantu para pelaku UMKM bisa menjadi lebih baik lagi. Bahkan targetnya kami bisa terus melakukan pelatihan dan pendampingan (bila diperlukan) kepada para pelaku UMKM, agar para pelaku usaha mereka bisa lebih terampil lagi mengelola bisnis – atau jenis usaha yang mereka tekuni dan jalankan,”Papar Kristofel

Kristofel berharap, apa yang telah digiatkan oleh pihaknya dapat menjembatani para pelaku usaha di Wilayah Papua Barat bisa lebih inovatif dan kreatif melihat peluang usaha di sektor UMKM. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *