Ini Pesan dan Harapan Nataniel Mandacan, Disela Penutupan Raker YPK V Teminabuan

TEMINABUAN, gardapapua.com — Pelaksanaan rapat Kerja V Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Di Tanah Papua yang berlangsung di Aula Hotel Mratuwa Sesna, Teminabuan, kabupaten Sorsel resmi ditutup.

Setidaknya ada beberapa program kerja berhasil dirumuskan untuk diprioritaskan sebagai acuan dan pedoman melangkah maju di Tahun 2021.

Sejumlah program kerja ini diantaranya adalah pelatihan kurikulum kondisi khusus dimasa Pandemi Covid-19 bagi kepala sekolah, guru, dan operator SD YPK Wilayah Sorong Raya, Kaimana, FakFak, dan Teluk Bintuni dengan LPMP Provinsi Papua Barat.

Selanjutnya pengadaan perangkat komputer maupun Laptop serta Printer bagi SD YPK Wilayah Sorong Raya, Kaimana, Fak Fak, dan Teluk Bintuni, serta penyelesaian sertifikat tanah sekolah YPK bagi YPK Wilayah Provinsi Papua Barat. Juga melakukan kerjasama dengan LPMP Provinsi Papua Barat dalam rangka melaksanakan Lomba Karya Ilmiah, Bantuan biaya operasional atau penunjang kantor bagi 10 PSW YPK di Provinsi Papua Barat, Pemberian gaji bagi 10 PSW YPK dan Staf sebanyak 5 orang pegawai serta melaksanakan seleksi calon kepala sekolah dan pendidikan pelatihan calon kepala sekolah.

Kesempatan itu, Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Kristen Di Tanah Papua Dr.Nataniel D.Mandacan,M.Si, Usai pelaksanaan penutupan Raker YPK Ke V dalam wawancaranya menjelaskan, bahwa Proses Penyelenggaraan rapat kerja ke- V kali ini telah berjalan baik dan berbeda dengan raker- raker sebelumnya yang mana telah berjalan bagus dan menjadi catatan bagi pelaksanaan raker raker selanjutnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekda Provinsi Papua Barat ini juga berharap dan berpesan agar kiranya hasil rapat kerja (raker) ke – V dapat dilaksanakan lebih baik lagi dengan melihat atau memperhatikan pelaksanaan raker saat ini.

Disampaikan juga bahwa hasil yang telah dirumuskan oleh panitia dan pengurus kiranya dapat di tindak lanjuti oleh Badan Pekerja (BP) YPK dan dengan demikian hasilnya juga akan diteruskan kepada gereja pembina GKI dan GPI, untuk menjadi bahan kajian serta masukan sebagai evaluasi penyelenggaraan pendidikan di YPK kedepan.

“BP YPK dan PSW kiranya dapat melaksanakan hal hal yang bisa dilakukan oleh PSW dan pihak pihak terkait dengan lembaga pendidikan dapat bekerjasama dengan para pendidik,”Ujar Dr.Nataniel D.Mandacan,M.Si.

Dirinya juga berharap agar dengan hasil rumusan ini Pemerintah Daerah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota dapat mengalokasikan dana untuk pendidikan dan secara khusus bagi pengembangan pendidikan di YPK Tanah Papua.

” Untuk itu saya juga berharap agar hasil dari rumusan Raker ini dapat disampaikan kepada Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Kota untuk dipertimbangkan dan ditindak lanjuti.Dan mendapat dukungan penuh,”Paparnya

Mandacan yakini bahwa untuk tahun tahun mendatang segala persoalan di YPK dan PSW secara bertahap dapat teratasi.

Sementara itu, Ketua Panitia Rapat Kerja V Yayasan Pendidikan Kristen YPK Di Tanah Papua Dortheis Sesa,SE dalam wawancaranya menjelaskan bahwa berdasarkan Raker IV di Merauke Provinsi Papua telah diputuskan bahwa Sorong Selatan menjadi Tuan Rumah dalam Raker Ke V. Disampaikannya bahwa pelaksanaan Raker V seharusnya dilaksanakan pada Tahun 2020 lalu namun dengan merebaknya Virus Covid-19 maka kegiatan ini ditunda dan baru dapat dilaksanakan saat ini.

Lebih lanjut ungkapnya pula bahwa Raker ini dilaksanakan dengan melaksanakan Protokoler Kesehatan yang ketat diantaranya dengan melakukan pemeriksaan Swab Antigen serta mengikuti Protokoler Kesehatan lainnya.

“Bahwa pelaksanaan Raker ini telah berlangsung baik dan lancar sesuai dengan harapan kami,”Paparnya

Pria yang juga menjabat sebagai Komisaris Bank Papua ini berharap agar kiranya pelaksanaan tugas yang dimandatkan kepada seluruh Panitia maupun peserta yang lain kiranya dapat dilaksanakan dengan baik dan bertanggung jawab dengan memperhatikan seluruh mekanisme dan prosedur raker itu sendiri.

Dalam prosesi penutupan salah satu Peserta dari Pengurus YPK Raja 4 juga diberikan kesempatan dalam menyampaikan menyampaikan kesan dan pesan terkait penyelenggaraan Raker ini.

Selain itu juga digelar prosesi penyerahan Palu Sidang Raker YPK Ke I oleh Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Kristen Di Tanah Papua Dr.Nataniel D.Mandacan,M.Si kepada Pengurus YPK Kota Jayapura yang direncanakan dilaksanakan pada tahun 2022 di Kota Jayapura Provinsi Papua.

Sebagai tanda bahwa raker tersebut dinyatakan telah berakhir dilaksanakan juga pelepasan tanda peserta oleh Sekretaris Umum YPK Di Tanah Papua Niko Marisan dan ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Kristen Di Tanah Papua Dr.Nataniel D.Mandacan,M.Si dengan penabuhan Gong, serta penyerahan hasil rumusan rapat dari Sekretaris Panitia Raker V James Tipawael,S.IP, M.SI kepada sejumlah pimpinan YPK di Tanah Papua.

Rangkaian Acara Penutupan di akhiri dengan Ibadah Syukur Penutupan Raker yang dipimpin oleh Pdt. Hilda Mailisa,S.Si. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *