BudayaDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratRegional

Bina Hubungan Kekerabatan Budaya Antara Suku Papua, Perkumpulan Perempuan Arfak Gelar Yospan Jalan

MANOKWARI, gardapapua.com —Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Provinsi Papua Barat menggelar Lomba Yosim Pancar (Yospan), bersinergi dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Papua Barat melaksanakan kegiatan Yospan Jalan.

Dengan kategori umum sejenis, remaja dan anak dalam kesempatan tersebut, dalam pelaksanannya, Lomba Yospan itu mengambil star di Kampung Aipiri dan Finish di K2 Twins Kampung Petrus Kafiar Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, pada Sabtu (23/9/2023).

Lomba dengan kategori umum sejenis, Remaja, dan Anak itu diikuti oleh 32 Grup Tari yang berasal dari wilayah Distrik Manokwari Timur, Manokwari Utara dan Kelurahan Amban.

“Kita bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan itu baik, dan hari ini (red) PPA Papua barat bisa melaksanakan Yospan jalan yang merupakan bagian dari Budaya orang Papua secara khusus suku-suku yang mendiami daerah pesisir di Tanah Papua,”Ucap Ketua PPA Papua Barat, Indrayanti Yemima Mandacan SE.,M.Si kepada awak media.

Menurut Indrayanti, PPA melihat ada peluang untuk membina hubungan kekerabatan antara suku di Papua, sehingga diselenggarakan lomba Yospan. Dan Yospan diketahui sudah menjadi budaya bagi hampir semua orang Papua.

“Kita memandang Pentingnya Budaya ini sehingga diakomodir dalam program kerja pada seksi pendidikan dan kebudayaan PPA Papua Barat,”ujarnya

Apalagi saat ini secara khusus dalam hal perkawinan tidak lagi terjadi hanya sebatas sesama suku tetapi antara suku yang berbeda.

“Kebanyakan dari kita orang Papua sudah kawin keluar istilah orang tua begitu. Seperti saya misalnya suami dari suku Wondama, adik-adik kami yang lain juga menikah dengan suku Biak, Serui dan suku yang lain juga,”Sebut Indrayanti.

Sebagai Ketua Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA), dirinya mengaku ada rasa bangga karena melalui lomba tersebut dapat melestarikan budaya Papua. Memang harus membuat sesuatu yang positif yang berbeda dari yang lain.

Ia menyampaikan terima kasih karena masyarakat sangat antusias dalam pergelaran lomba Yospan.

Lomba Yospan sangat positif dan mendidik termasuk bagi anak sekolah karena sudah menjadi muatan lokal di Sekolah Dasar juga SMA, sehingga pemahaman para siswa pun akan lebih baik melalui kegiatan seperti ini.

“Terima kasih juga kepada seluruh peserta yang sudah berpartisipasi. Tuhan memberkati semua yang telah terlibat dalam kegiatan ini,”Ucapnya

Ucapan terima kasih juga lebih Lanjut Putri terbaik Arfak ini, disampaikan kepada Pj Ketua TP PKK Papua Barat Ibu Roma Megawanty Waterpauw yang telah mendukung kegiatan dimaksud dengan menyediakan Doorprise.

“Tuhan berkati Bapak Pj Gubernur dan Ibu dalam masa kepemimpinannya, juga terima kasih disampaikan kepada Kepala kelurahan Amban, Kepala Distrik Manokwari Timur Dan Utara yang sudah memberikan dukungan luar biasa demi terselenggara dan suksesnya kegiatan ini,”Sebut Indrayanti.

Setiap pemenang lomba yang meraih juara I akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan senilai Rp2.500.000, Juara 2 senilai Rp2.250.000, Juara III senilai Rp 2.100.000. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *