Aspirasi RakyatDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsSudut Pandang

Sekjen DAP III Doberai Minta Presiden Jokowi Tunjuk Komjen Paulus Waterpauw Lanjutkan PJ Gubernur Papua Barat

MANOKWARI, gardapapua.com — Sekretaris Dewan Adat Papua Wilayah III Doberai minta Presiden Jokowi menunjuk Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw,M.Si., melanjutkan kepemimpinan sebagai penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat jelang Pemilu 2024 mendatang.

“Kami, Dewan Adat Papua Wilayah III Doberai berharap Bapak Presiden Jokowi menunjuk Bapak Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw melanjutkan Kepemimpinan sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat,”kata Zakarias Horota, Sekretaris Dewan Adat Papua Wilayah III Doberai, kepada Media ini, Rabu (19/4/2023).

Zakarias menerangkan Paulus Waterpauw dinilai berhasil melakukan terobosan – terobosan luar biasa dalam membangun masyarakat di Provinsi Papua Barat pasca Pandemi Covid 19.

“Semenjak Bapak Waterpauw menjabat pada 12 Mei 2022 lalu, banyak terobosan yang beliau telah lakukan. Beliau berhasil mempertahankan ekonomi Papua Barat ditengah masa inflasi daerah, beliau juga mempercepat vaksinasi, penanganan Stunting dan gizi buruk serta menata birokrasi Pemerintahan yang bersih dan berwibawa (Good Government dan Good Governance). Termasuk mendorong percepatan pemekaran Provinsi Papua Barat Daya,”Terangnya

Atas prestasi tersebut, pria berdarah Serui Kuri Wamesa ini minta Presiden Jokowi menunjuk Komjen Pol Paulus Waterpauw melanjutkan Kepemimpinan hingga pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami, masyarakat Adat minta Bapak Presiden Jokowi mempercayakan Putra terbaik Papua Barat, Bapak Komjen Pol.Drs.Paulus Waterpauw, M.Si agar kembali melanjutkan 1 tahun masa jabatan Penjabat Gubernur Papua Barat jelang pemilu 2024,”Paparnya

“Masyarakat butuh kedamaian dan kestabilan roda pemerintah di daerah, karena itu masyarakat butuh figur yang berani, tegas, bersih dan berwibawa mewujudkan clean and good governence di Papua Barat,”harapnya menambahkan.

Selain itu, Dewan Adat Papua juga mengapresiasi MRP Papua Barat yang telah mengusulkan anak – anak Papua di Wilayah III Doberai sebagai Calon Penjabat Gubernur di Provinsi Papua Barat.

“Kami apresiasi langkah yang dilakukan oleh MRPB dalam menjaga, melindungi, memberikan keberpihakan kepada Anak – anak Asli Papua berdasarkan Amanat UU Otsus. Kami apresiasi Usulan MRPB. Harapan Kami Bapak Presiden mendengar usulan dari Masyarakat dengan menunjuk anak asli Papua Barat sebagai PJ Gubernur Papua Barat,”Tandasnya.

Seperti diketahui, bahwa Masa Jabatan Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw, selaku PJ. Gubernur akan berakhir pada 12 Mei 2023 mendatang. DPR Papua Barat sendiri telah menetapkan dan mengusulkan 3 nama kepada Kementerian Dalam Negeri untuk diputuskan sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat dalam melanjutkan masa transisi Pemilu 2024 mendatang.

Ketiga nama yang diusulkan DPR Papua Barat sebagaimana terlampir dalam surat usulan kepada Kemendagri dengan Nomor Surat: 160/167/DPR-PB/IV/2023 Tertanggal 3 April 2023.

Ketiga nama tersebut, diantaranya, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Pj Gubernur Papua Barat. Kedua, Dr. Sugeng Purnomo, SH.,MH, yang saat ini menjabat sebagai Deputi III Bidang Koordinasi Hukum dan HAM pada Kementerian Koordinasi Hukum dan HAM RI. Dan ketiga, Dr. Velix Vernando Wanggai, S.IP. MPA yang saat ini Menjabat sebagai Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintah dan Wawasan Kebangsaan pada Sekretariat Wapres RI. [JM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *