Program TMMD ke-114 di Kaimana Resmi Ditutup

KAIMANA, gardapapua.com — Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 1804/Kaimana, secara resmi di tutup oleh Brigjen TNI Yusuf Ragainaga Kepala Staf Kodam XVIII/Kasuari, pelaksanaan Program TMMD ke-114 Kodim 1804/Kaimana TA. 2022 yang dilaksanakan di Kampung Pigo Distrik Teluk Arguni, Kabupaten Kaimana, pada Rabu (24/08/2022).

Kesempatan itu, Letkol Inf Chairi Suhanda Dandim 1804/Kaimana selaku Dansatgas TMMD yang di bacakan oleh PJS Pasiter Kapten Inf Setiyono, tentang terlaksananya Program Fisik Pembangunan 3 unit rumah tipe 36 ukuran 6×6 Meter dan seluruh Program Non Fisik Serta Tambahan atau overprestasi pengerasan jalan setapak 2 x 200 meter, pembuatan Sarana olahraga lap volly dan pembuatan tempat pengambilan air bersih dapat berjalan dengan lancar dan aman berkat dukungan masyarakat Kampung Pigo.

Adapun amanat Kasad selaku penanggung jawab operasional TMMD ke 114 TA 2022 yang pada intinya melalui penutupan TMMD Ke-114 TA. 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selama satu bulan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022, para prajurit, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-114 Tahun Anggaran 2022.Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah.

Adapun Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini dinilai semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mengingat sebagian besar wilayah Indonesia.

Selain itu, merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

Program TMMD Ke-114 tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, telah dikerjakan sasaran fisik, berupa pembangunan rumah diantaranya yaitu 3 Unit Rumah sekaligus tambahan lainnya berupa Pengerasan jalan Setapak, Sarana Olah Raga/Lapangan Volly dan Pembuatan Tempat Pengambilan Air Bersih.

“Pelaksanaan TMMD ke- 114 diWilayah Kab.Kaimana telah dilaksanakan selama kurun waktu 1 bulan terhitung tanggal 26 Juli s.d 24 Agustus 2022 dengan Program sasaran fisik Maupun nonfisik yang diselenggarakan oleh Kodim 1804/ Kmn dengan harapan dapat meningkatkan akselerasi di Daerah terpencil dan menyentuh masyarakat,”Tegas Kasdam XVIII/ Kasuari.

“Dengan telah terlaksananya 100% seluruh Program Fisik maupun Non Fisik yang dilakukan oleh Satgas TMMD Kodim 1804/Kaimana ini, maka Hari ini Rabu 24 Agustus 2022, Kegiatan Program TMMD ke-114 yang dilaksanakan oleh Kodim 1804/Kaimana diwilayah Kampung Pigo Distrik Teluk Arguni Kabupaten Kaimana secara resmi saya nyatakan ditutup,”Sambungnya

Selaku Kasdam XVIII/Kasuari dan pribadi, dirinya lalu mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab. Kaimana yang telah mendukung anggaran kegiatan fisik TMMD ke-114 ini, Saya juga berterima kasih kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung terlaksananya TMMD, sehingga sasaran dapat tercapai dan seraya berharap apa yang telah dibangun ini, dapat dijaga dan dipelihara dengan baik, sehingga membawa manfaat besar bagi masyarakat.

Sementara itu, Drs. Donald Raimond Wakum selaku Sekda Kaimana mengapresiasi semua program yang telah dikerjakan oleh tim satgas TMMD ke -114, di Kaimana, Kampung Pigo.

“Dalam kesempatan ini pula, kepada 3 orang masyarakat penerima rumah TMMD, saya ucapkan selamat memperoleh dan menempati hunian yang baru, syukurilah rumah yang telah dibangun ini sebagai milik pribadi, serta menjaga dan merawatnya dengan baik agar dapat ditempati untuk waktu yang lama dan demi keberlangsungan hidup keluarga dan masyarakat yang lebih nyaman, bersih serta lebih sehat lagi sebagaimana yang kita inginkan bersama,”Pungkasnya. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *