Polda Papua Barat Komitmen Awasi Penyaluran BBM Subsidi, Ini Buktinya !

MANOKWARI, gardapapua.com — Bukti bahwa Polri melalui jajaran kepolisian di Polda Papua Barat berkomitmen memberantas pelaku penyelewengan BBM bersubsidi bukan isapan jempol belaka.

Meski para pelaku kerap dalam melancarkan aksi pencurian Minyak BBM Bersubsidi dilakukan dengan berbagai modus, namun setidaknya ada yang berhasil tertangkap.

Hal ini berdasarkan catatan dari Operasi Pam Obvit sejak tanggal 14 hingga 20 Juli 2022, bersama Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Papua Barat berhasil mengamankan setidaknya 26 kendaraan bermotor (ranmor) terdiri dari 14 unit kendaraan truk dan Hilux di SPBU Jalan Baru dan 12 unit Kendaraan di SPBU Sowi IV Manokwari, yang diduga melakukan aksi penyelewengan BBM bersubsidi tersebut.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, SH.,MA, dalam press conference, Jumat (22/7/2022), mengungkapkan bahwa apa yang telah dilakukan pihaknya adalah sebagai respon dan gerak cepat kepadanya yang baru saja menjabat sebagai Kapolda Papua Barat, atas praktik penyelewengan atau penyalahgunaan BBM bersubsidi khusus Bio Solar oleh sejumlah oknum Masyarakat di Papua Barat, khususnya di Kabupaten Manokwari, yang terpantau di beberapa titik SPBU hingga mengakibatkan kemacetan pada badan jalan hingga menimbulkan antrian panjang.

“Ini kami sikapi atas laporan Masyarakat dan rekan – rekan sekalian kepada saya. Selain itu secara kasat mata dilapangan dari antrian yang begitu panjang 2 km dan bisa lebih, atas hal itulah saya juga kemudian mendesak jajaran serse agar segera bertindak dan melakukan pengawasan,”Ungkap Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, SH.,MA.

Polda Papua Barat, tegas Kapolda, kedepan akan terus berupaya memberikan edukasi dan pengawalan penyaluran BBM Subsidi ini dengan baik. Dengan harapan, agar penyakit penyalahgunaan BBM Subsidi ini bisa ditekan dengan tepat.

“Ini adalah bentuk komitmen kami dalam memberantas penyalahgunaan BBM Bersubsidi ini jenis Bio Solar. Supaya tidak lagi disalahgunakan untuk kebutuhan industri, dan atau lainnya, bagi secara kelompok dan pribadi,” Tukasnya

Selain Manokwari, Kapolda juga menegaskan jajarannya untuk melakukan penindakan dan pengawasan di SPBU lainnya di wilayah kabupaten / kota di Papua Barat.

” Kedepan bentuk pengawasan dan penindakan ini akan terus dilakukan sebagai bentuk memberikan kenyamanan kepada Masyarakat agar bisa bagaimana mendapatkan BBM Subsidi ini dengan baik dan merata, serta tepat sasaran di Kabupaten / Kota lainnya. Jadi teknis pemeriksaan langsung dilapangan akan kita lakukan. Oleh karena itu teman – teman saya ucapkan terima kasih segala penyampaian informasi dan pengaduan kepada kami, dan berdasarkan laporan itulah kami kedepan tidak akan berhenti sampai disini,”Tegasnya

Kapolda juga membeberkan, bahwa aksi dugaan penyelewengan BBM Bersubsidi ini kerap menggunakan kendaraan – kendaraan tangki modifikasi, serta kendaraan bermotor jenis Truck /Mobil tanpa plat nomor polisi atau menggunakan nomor polisi palsu saat melakukan pengantrian dengan teknik selang – seling mengantri di SPBU. Tujuannya, agar untuk mengelabui petugas di SPBU saat pengisian dilakukan.

Kapolda juga menegaskan, bahwa penyelewengan terhadap BBM bersubsidi merupakan tindakan kriminal melawan hukum dan pelakunya akan berhadapan dengan aparat penegak hukum. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *