Aspirasi RakyatDaerahGarda NusantaraGarda Papua BaratGarda Teluk BintuniHeadline newsNasionalPeristiwaPolitik

Audensi Dengan DPD-RI, Ini Harapan Tim Pemekaran DOB Babo Raya

JAKARTA, gardapapua.com — Tim pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Babo Raya melakukan audiensi dengan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dalam hal ini dengan Komite I DPD RI.

Audiensi pertemuan ini dilakukan, pada Senin (7/11/2022), bertempat di Kantor DPD RI Kompleks Parlemen, Jakarta.

Kesempatan itu, Tim Kerja Pemekaran DOB Kabupaten Babo Raya, dipimpin oleh Ketua Tim Sahaji Refideso didampingi oleh empat orang anggota.

“Jadi kami sudah beraudens dan diterima langsung oleh Komite I DPD RI dalam hal ini diterima langsung oleh Ketua dan wakil ketua II Komite I DPD RI Filep Wamafma,SH., M.Hum., bersama enam orang anggota komite I. Jadi bisa dibilang pertemuan audiens itu benar – benar dilaksanakan secara resmi protokoler kelembagaan DPD RI melalui komite I. Kenapa karena ini adalah aspirasi masyarakat tetapi juga aspirasi telah mendapatkan dukungan dari daerahnya masing – masing dalam hal ini kabupaten induk di daerah,”Ucap Sahaji Refideso, kepada gardapapua.com, saat dikonfirmasi.

Adapun dari para orang anggota yang hadir mendampingi ketua dan wakil ketua II Komite I masing-masing dari dapil Aceh, Bangka Belitung, Riau, dan DKI Jakarta. Sedangkan perwakilan Dapil Papua Barat diwakili oleh Filep Wamafma, SH., M.Hum selaku wakil ketua II Komite I DPD RI.

“Dokumen DOB Kabupaten Babo Raya diterima langsung oleh Ketua dan wakil ketua II Komite I DPD RI bersamaan dengan Forum Masyarakat Kikim Area Sumatra Selatan, ini satu wilayah yang juga mau mekar dari Kabupaten Lahat. Jadi komite I menerima dua tim masing – masing dari Kabupaten Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Lahat Provinsi Sumatra Selatan,”Bebernya

Kegiatan audiens itu, digelar dalam bentuk presentasi dari kedua tim, sedangkan dari Babo Raya yang mau dimekarkan apa alasannya, kesiapannya dan kemudian perkembangan dimasa yang akan datang.

“Tiga hal ini yang kami dari tim mempresentasikan dan itu dipandu betul itu sangat rasional. Setelah presentasi baru kami menyerahkan lagi dokumennya kepada pimpinan langsung kepada ketua komite disaksikan oleh wakil ketua II dan para anggota lainnya. Untuk Babo Raya kemarin hasil yang kami dari tim bisa peroleh dalam acara audiens itu langsung ketua komite dan wakil ketua II Komite I langsung memerintahkan staf bagian pemerintahan kepada kabagnya di komite I agar DOB Babo Raya itu segera dimasukan dalam daftar DOB di komite I yang nanti akan segera diplenokan,”Sebutnya

“Jadi dalam pleno komite I yang nantinya dilaksanakan langsung dari berbagai CDOB baru masuk dalam daftar DPD RI termasuk Babo Raya akan ditetapkan sebagai DOB dalam peno komite I selanjutnya dibawah lagi ke paripurna DPD untuk juga ditetapkan diparipurna. Setelah itu DPD RI akan mengusulkan ke DPR RI dan pemerintah tentang DOB yang baru diusulkan dari daerah – daerah, sedangkan agenda pleni dimaksud kami belum mendapatkan informasi pastinya. Namun sesuai informasi, tetap dalam waktu dekat ini komite I akan segera melakukan rapat plenokan untuk bahas agenda – agenda kerja komite, ini adalah salah satu agenda yang akan diplenokan nanti,”Sambungnya menambahkan.

Dalam forum kemarin, sebut sahaji, ada usulan agar tim komite I DPD RI bisa melakukan kunjungan kerja dan turun melihat daerah otonom baru (DOB) Babo Raya itu.

“Jadi ada usulan Babo Raya akan dikunjungi langsung oleh Komite I DPD RI. Jadi apakah nanti pleno untuk mengatur agenda kerja langsung ditetapkan ataukan nanti mereka turun dulu kemudian melihat balik baru ditetapkan dipleno itu yang kita belum tau. Tetapi intinya Babo Raya kemarin langsung ketua perintahkan untuk dimasukan dalam daftar DOB jadi hanya masalah mekanisme saja,”Paparnya

Sahaji lalu berharap, agar aspirasi dan sejumlah dokumen pendukung yang telah diserahkan pihaknya dapat segera ditindaklanjuti. Dimana pemekaran ini menjadi salah satu solusi dalam upaya memajukan daerah dan meningkatkan pelayanan publik, khususnya di wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Harapan dari tim pertemuan kemarin DPD sebagai wakil daerah yang punya kepentingan politik langsung dengan masyarakat tidak ke siap – siapa maka, aspirasi Babo Raya untuk di mekarkan jadi kabupaten itu kami berharap agar proses di DPD RI ini agar lebih cepat. Karena DPD RI tidak punya beban politik dengan siapa – siapa jadi akan lebih cepat itulah harapan dari kami tim kerja Babo Raya dan itu saya sebagai ketua tim suda sampaikan dalam acara audiens kemarin,”Tukasnya. [RF/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *