DaerahGarda Manokwari

Dibiayai Pemkab Manokwari, Puluhan Umat Muslim Umroh Ke Tanah Suci

MANOKWARI, gardapapua.com — Sebanyak 78 umat muslim dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui anggaran APBD tahun 2019 untuk melaksanakan umroh ke tanah suci.

Hal itu diungkapkan, Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo pada pelepasan di Manokwari, Rabu (18/9/2019). Dikatakannya, bahwa pemerintah daerah Manokwari akan terus berupaya melakukan pembinaan pada bidang keagamaan.

Ini tentunya sebagai bagian menanamkan moralitas dan toleransi umat beragama di Manokwari hidup damai dan rukun. baik untuk muslim, Protestan, Katolik, Hindu maupun Buda.

“Manokwari di kenal sebagai kota Injil tapi kita bisa berangkatkan banyak warga muslim untuk umroh. Kita harap, kota injil Manokwari memjadi cermin bagi kota lainnya,”Ungkap Wabup Edy Budoyo.

Wabup juga membeberkan, bahwa tak dipungkiri, setiap tahunnya jumlah peserta umroh yang dibiayai Pemkab Manokwari, terus meningkat setiap tahun.

“Itu dilakukan agar lebih banyak warga kurang mampu yang berkesempatan untuk ke tanah suci Mekah,”Terangnya

Setiap tahun, Pemkab Manokwari memberangkatkan perwakilan umat beragama berkunjung ke tanah suci masing-masing. Umat Hindu diberangkatkan ke India, Katolik ke Vatikan dan Protestan ke Yerussalem.

“Bahkan untuk muslim bukan hanya umrah, namun juga menunaikan ibadah haji. Tahun lalu kami berangkatkan delapan orang dan tahun ini delapan lagi,” sebutnya.

Untuk program haji, pemerintah daerah tidak bisa memaksakan untuk memberangkatkan peserta dengan jumlah banyak karena terkendala masalah kuota yang diberikan Kementerian Agama.

Diketahui, bahwa Peserta umroh dari Manokwari akan diberangkatkan pada 28 September 2019 menuju Jakarta. Selanjutnya pada tanggal 29 September 2019 rombongan terbang dari Jakarta ke Tanah Suci, dan akaj kembali lagi di Manokwari pada tanggal 8 Oktober 2019. [*/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *