DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsKPU PAPUA BARATNasionalPolitikRegional

KPU Papua Barat Imbau Semua Pihak Sukseskan Pemilu Serentak 2024

MANOKWARI, gardapapua.com — Jajaran KPU Papua Barat menghimbau agar semua pihak dapat bersama mensukseskan jalannya pelaksanaan Pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang sebagaimana jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan.

Hal ini sebelumnya juga dipertegas oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia dalam kegiatan nonton bareng (Nobar) bersama Peluncuruan Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024.

Kegiatan Seremoni nonton bareng (nobar) hari peluncuran pemungutan suara pemilu serentak 2024 itu dilaksanakan secara virtual, berpusat di Kantor KPU RI, dan diikuti Jajaran KPU di setiap daerah se-Indonesia.

Sementara nobar hari peluncuran pemungutan suara Pemilu 2024 di wilayah Papua Barat, diikuti jajaran KPU Papua Barat dan Forkopimda melalui virtual zoom, dilaksanakan pukul 21.00 Wit, malam, bertempat di SwissBell Hotel Manokwari, Senin (14/2/202).

Kegiatan yang dilaksanakan bertepatan dengan momentum hari Valentine Day’s. Hadir pada kesempatan itu, para unsur Forkopimda Papua Barat, petinggi dan pengurus Partai Politik, Bawaslu dan Jajaran Komisioner, dan jajaran ekretariat KPU Papua Barat. Dalam pelaksanaan Nobar kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya.

Mengutip sambutan Ketua KPU RI, Ilham Saputra,S.IP, menuturkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak tahun 2024 ini, adalah untuk meningkatkan dan merangsang kembali kesadaran Masyarakat terhadap pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Adapun peluncuran tersebut ditandai dengan pencoblosan surat suara oleh para pimpinan KPU dan diikuti oleh sejumlah perwakilan partai politik serta pemangku kepentingan lainnya di gedung KPU RI Pusat dan disaksikan Jajaran KPU di seluruh Indonesia.

Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Paskalis Semunya mengatakan, bahwa dengan launching Pemilu serentak, baik itu Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), diharapkan menjadi momentum bagi semua partai politik (parpol) untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pemilu serentak. Sehingga Pemilu serentak ini menjadi ajang yang benar-benar menjunjung tinggi nilai demokrasi.

“Pada prinsipnya melalui moment peluncuran yang telah juga kami nantikan sejak 24 Januari 2022 setelah RDP dimana DPR-RI dan Pemerintah Pusat setujui pelaksanaan Pemilu serentak dimulai pada 14 Februari 2024 mendatang. Itu juga sesuai dengan surat keputusan KPU-RI. Dimana dengan telah dilauncingnya ini, maka segala tahapan sosialisasi dan jadwal tahapan akan terus bertahap disosialisasikan kepada masyarakat,”Ungkap Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya

Peluncuran Pemilu serentak ini bertujuan untuk mengimbau masyarakat sekaligus mengingatkan bahwa Pemilu serentak tidak lama lagi dimulai. Dimana dalam ketentuan pasal 167 ayat (6) salah satunya tertuang beberapa faktor yang harus dihitung. Pertama, soal kewenangan. Bunyi Pasal 167 ayat (2) Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, menyebutkan bahwa “Hari, tanggal dan waktu pemungutan suara Pemilu ditetapkan dengan keputusan KPU.”

Sebagaimana lembaga yang independen, KPU memiliki kewenangan penuh untuk menentukan kapan Pemilu digelar. Tentunya juga mengedepankan sikap terbuka dan mendengar atas masukan pemangku kepentingan Pemilu dan masyarakat. Tujuannya, agar segala tahapan yang telah ditetapkan dapat berjalan dengan baik.

” Jadi kalau kita tarik ulur tadi, dan bersama kita telah ketahui bahwa 14 Februari 2024, adalah hari pencoblosan, sehingga pada bulan Juni 2022 paling lambat segala tahapan dan jadwal sudah berjalan sesuai yang telah ditetapkan,”Paparnya

“Kami pastikan dua bulan kedepan kerja – lerja kelembagaan telah berjalan dan sesuai dengan regulasi aturan yang telah ditetapkan,” Tambahnya

Sehingga dari kegiatan yang kurang lebih dua tahun lagi akan dilaksanakan itu, diharapkan agar seluruh pihak dapat bersama mensukseskan segala tahapan yang ada, dan juga kepada para partai Politik peserta Pemilu agar bersama memberikan edukasi pendidikan moralitas Demokrasi yang baik pada masyarakat.

“Dimana Masyarakat pemilih Hak suara akan diperhadapkan dengan 5 kertas suara dalam bilik suara. Yaitu, Presiden, DPR, DPD-RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten / Kota. karena itu kami himbau kepada seluruh Masyarakat dan Pensiunan ASN, TNI/Polri, serta pemilih Pemula, agar mulai sekarang dapat juga mempersiapkan diri dalam mensukseskan terwujudnya nilai demokrasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) ini dengan baik. Juga, kepada mereka yang akan mengambil bagian dalam moment ini yakni para Partai Politik, Para Calon Legislatif, agar mari bersama – sama memberikan Pendidikan Politik yang benar kepada Masyarakat,” Imbaunya

“Media juga kami minta agar bisa menjadi corong publikasi / sosialisasi yang baik kepada masyarakat agar mampu mengedukasi masyarakat dan masyarakat dapat mengikuti baik setiap jadwal tahapan yang ada,” Tambahnya

Di mana ada sebuah konsentrasi penting pada moment kesempatan ini karena berkelanjutan dengan 27 November 2024 yakni moment pemungutan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).

“Sehingga kali ini cukup menantang bagi kerja – kerja penyelenggara sehingga tentu KPU dengan segala integritas profesionalismenya kali ini akan bekerja dengan penuh maksimal,”Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *