DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsHUMANISNasionalRegionalSudut Pandang

Sius Dowansiba Ajak Semua Pemuda – Pemudi Sukseskan Rapimda dan Musda KNPI

MANOKWARI, gardapapua.com —- Ketua KNPI Papua Barat dua Periode Sius Dowansiba, menyerukan semua pihak untuk bersatu menyukseskan pelaksanaan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) sampai dengan rencana kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) KNPI papua barat, sebelum bulan maret tahun 2022, mendatang.

Dalam wawancaranya, Senin (7/2/2022), di Gedung KNPI, dirinya mengajak, seluruh Organisasi baik Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) yang telah terhimpun di KNPI untuk bersama-sama menyukseskan forum Musda nantinya.

“Harapannya, semua mari bekerja sama sukseskan kegiatan Rapimda ini agar sukses sampai dengan pada pelaksanaan Musda KNPI Papua Barat. Karena pada Musda KNPI sekarang ini akan nanti melahirkan kembali seorang generasi yang nanti muda dan cerdas untuk bisa menahkodai rumah besar KNPI kedepan, dan menjadikan lembaga yang kedepan dapat menumbuhkan kader – kader penerus yang baru dan bisa kembali menjadi pemimpin masa depan yang hebat,”Ungkap Sius Dowansiba

Dia berpendapat, melalui pelaksanaan Rapimda dan Musda KNPI adalah momentum bagi para pemuda – pemudi di yang berada Wilayah Papua Barat untuk bersatu dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan yang sama, membangun Provinsi Papua Barat yang lebih baik, sesuai dengan bidang dan gagasan dari semangat kepemudaan.

Potret, kegiatan pembukaan Rapimda KNPI

Sius juga mengajak agar seluruh Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) yang telah terhimpun di KNPI untuk berkontribusi menciptakan harmoni kesejukan di momen yang berharga menuju pencapaian tujuan kebajikan dan kemajuan.

“Berdasarkan laporan yang saya terima dan ketahui ada sekitar seratus lebih OKP/OKPI, Ormas Kepemudaan yang telah mendaftarkan berkas administratif keorganisasiannya, saya harap mari kita bersama mewujudkan dan percaya bahwa Musda ini akan berjalan dengan baik dan melahirkan pemimpin – pemimpin masa depan yang hebat,”Ujarnya.

Sius juga membeberkan bahwa pihaknya telah melaksanakan berbagai tahapan. Salah satunya memverifikasi kembali syarat-syarat keanggotaan Organisasi Kepemudaan (OKP). Dimana OKP yang menjadi anggota himpunan KNPI sesuai dengan tingkatannya wajib melakukan verifikasi mengenai pemenuhan syarat-syarat keanggotaannya. Hal tersebut mengacu pada Anggaran Rumah Tangga (ART) KNPI Bab 1 Pasal 1 Ayat 4.

Antara lain, memiliki SK – Kemenkumham RI dan tembusan di Kemenkumham Daerah (Provinsi), serta telah terdaftar di Kesbangpol Daerah tingkat Provinsi.

“Itu punya kekuatan. Jadi bisa menjadi peninjau, dan kemudian pada Musda berikut sudah bisa menjadi peserta full. Karena KNPI adalah lembaga kepemudaan yang merangkul semua organisasi kepemudaan lainnya yang berasal dari organisasi kemasyarakatan juga. Seperti tadi saya lihat ada kelompok Pemuda Batak, Pemuda Arfak, yang telah mempunyai legalitas SK – Kemenkumham dan lain – lain secara administratif maka pada saat sekarang masuk sebagai peninjau dulu dan pada musda berikut masuk sebagai peserta full (Hak Suara),”Terang Sius Dowansiba.

Sius berharap, dengan segala upaya administratif yang dilakukan Tim Verifikasi selain sebagai wadah berhimpun seluruh OKP, diharapkan KNPI dapat mendorong nalar kritis pemuda dalam upaya menopang pembangunan daerah lebih baik kedepan ada periodesasi kepimpinan – kepimpinan berikutnya.

“Jadi saya targetkan sebelum bulan Maret 2022, atau masa periodesasi kepimpinan berakhir seluruh rangkaian Rapimda dan Musda KNPI Provinsi Papua Barat sudah dapat terselesaikan,”Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *