DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHUMANISUncategorized

Selain Merawat Persatuan dan Kesatuan, Ini Harapan Pemerintah di Harla NU ke-96

MANOKWARI, gardapapua.com — Warga Nahdliyin pada Minggu (31/1/2022), di Wilayah Kabupaten Manokwari, memadati Halaman Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Manokwari dalam rangka memperingati Hari Lahir Nahdhatul Ulama ke-96, tahun 2022.

Jamaah berbondong-bondong selain untuk menghadiri syukuran perayaan Harlah ke -96 NU berdasarkan hitungan tahun hijriah, juga mengikuti rangkaian Sholawat atas Baginda Nabi Muhammad SAW yang dipimpin Ustad Al Buchori.

Peringatan yang dihadiri Pemerintah Daerah, DPRD dan Alim Ulama serta seluruh badan Otonom NU seperti Banser, GP Ansor, Pagar Nusa, Fatayat dan Muslimat NU Kabupaten Manokwari maupun Provinsi Papua Barat.

Mewakili pimpinan daerah Bupati Kabupaten Manokwari, Ombusapu,SH selaku Asisten II Setda Kabupaten Manokwari mengatakan NU sebagai Organisasi terbeser di Indonesia bahkan Dunia telah menjadi salah satu tonggak berdirinya Negara ini.

Menurut Hariyanto Ombusapu, Organisasi yang didirikan pada Tanggal 31 Januari 1926 di Surabaya Jawa Timur, terus berkontribusi dan terus menjadi pilar utama dalam menjaga Negara kita ini dari rongrongan pihak lain yang merugikan Negara.

“Dengan Motto Hubbul Wathon Minal Iman yang artinya mencintai Tanah Air sebagian dari Iman, terus dipegang oleh Warga Nahdiyin,”Ucap Asisten II Hariyanto Ombusapu berharap.

Dikatakan, sebagai Organisasi yang memiliki prinsip dasar dan nilai dan jati diri yang kokoh mencerminkan, pertama Organisasi Kemasyarakatan yang berdiri digaris tengah dan lurus yang kita kenal dengan sikap Organisasi Moderat.

“Menolak kekerasan dan Ekstrimisme yang menghormati perbedaan dan kemajemukan yang menjamin Ukhuwa Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah yang benar-benar menjadikan Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin,”Ujar Ombusapu.

Dikatakannya, bahwa NU sebagai organisasi yang membangun kemitraan dengan Pemerintah untuk mensukseskan program -program peningkatan kesejahteraan rakyat dibidang Ekonomi kerakyatan, Pendidikan, Kesehatan dan turut mendukung Pemberantasan Narkoba, Korupsi serta menjaga Alam dan lingkungan.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Manokwari, KH. Ali Mustofa mengatakan, pelaksanaan perayaan Harlah NUnke 96 sesuai dengan arahan Pusat, mengusung tema Merawat Jagat dalam Peradaban.

“Wabil Khusus di Manokwari ini kami berharap dengan merayakan Ulang Tahun kali ini, bagaimana kita ikut serta membangun bersama pemerintah dengan rasa ikut mencintai tanah air utamanya Manokwari mewujudkan persatuan dan kesatuan serta toleransi di Bumi Peradaban ini,”Kata Ketua PCNU Manokwari, KH. Ali Mustofa.

Dengan komitmen merawat peradaban dengan menjaga keharmonisan umat beragama sebagai sebuah cara kita menjaga persatuan dan kesatuan.

“Sejak 2 Tahun saya menjabat sebagai ketua PCNU Manokwari memang belum banyak yang kita lakukan, tetapi ada rencana dibidang Pendidikan, saya berharap di Tahun ini kita dirikan LP Ma’arif sebagai wadah Pendidikan di Manokwari,”Tukasnya. [*/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *