Semangat Mendukung KBMAP IV, Warga ‘Lamaholot’ Kerja Bakti di Stadion Triton Kaimana

KAIMANA, gardapapua.com – Persiapan menghadapi KBMAP IV terus dilakukan oleh panitia pelaksana hingga saat ini.

Sebagai suku nusantara yang juga menjadi bagian masyarakat Kabupaten Kaimana, maka sudah sepatutunya suku nusantara turut mengambil bagian dalam menyongsong persiapan pelaksanaan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua yang ke-4 di Kabupaten Kaimana ini.

Salah satu suku nusantara yang juga ikut mengambil bagian dalam mendukung kegiatan besar ini adalah dari Ikatan Keluarga Besar Lamaholot (IKBL) Kabupaten Kaimana.

Warga IKBL berinisiatif membantu persiapan panitia pelaksana, dengan turun ke Stadion Triton melakukan kerja bakti bersama. Kegiatan yang dilaksankan, Minggu, (17/10) ini berlangsung sejak pukul 15:00 WIT sampai selesai, dengan membersihkan beberapa titik yang masih penuh dengan sampah.

“Kegiatan kerja bakti hari ini yang kami IKBL lakukan adalah sebagai bentuk dukungan kami terhadap kegiatan besar yang sebentar lagi sudah dilaksanakan yaitu KBMAP IV.

“Sesungguhnya IKBL ini adalah bagian dari suku nunsatara yang ada di Kabupaten Kaimana, sehingga sebagai warga Kaimana, kita wajib berpartisipasi mengambil bagian menyongsong kegiatan besar ini,”Ungkap Ketua IKBL Kaimana, Yosaphat Lamawuran, SS,M.Pd ketika dikonfirmasi dilokasi kegiatan.

Yosaphat juga mengatakan bahwa, bentuk partisipasi warga IKBL, tidak hanya sebatas kerja bakti, tetapi juga akan mengambil bagian dalam kegiatan parade budaya, dan pameran. “Untuk partisipasi kami dari IKBL, tidak hanya sebatas kerja bakti. Beberapa waktu lalu kami sudah mendaftar ketika  panitia membuka ruang bagi suku nusantara untuk mendaftarkan diri, berparrtisipasi dalam kegiatan parade budaya dan juga pameran.

“Sehingga kami juga akan berpartisipasi dalam parade budaya dan juga pameran. Sekali lagi saya tekankan bahwa sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Kaimana, IKBL tidak boleh tinggal diam. Sebisa mungkin melibatkan diri ketika diminta oleh panitia, even atau moment apa saja. Artinya kami menyadari sungguh bahwa kami menjadi bagian dari masyarakat Kabupaten Kaimana,”Terangnya

Dirinya juga mengatakan bahwa, melalu peran dan tugas masing-masing, warga IKBL juga harus terus berpartisipasi dalam setiapp proses pembangunan di Kabupaten Kaimana.

“Kami menyadari itu, bahwa kita semua tinggal di tanah Kaimana dan wajib memberikan kontribusi melalui peran dan tugas kita masing-masing, tetapi juga pada even atau momen tertentu, kita juga perlu mengambil bagian disana,”Tuturnya

Lamawuran juga berharap agar, dengan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, warga IKBL semakin sadar bahwa mereka juga bagian dari masyarakat Kaimana. “Kami berharap dengan bentuk dukungan atau partisipasi IKBL pada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kaimana ini, warga IKBL semakin sadar bahwa mereka juga bagian dari masyarakat Kaimana, yang tengah mengais hidup di tanah ini. Dengan kesadaran itu juga, membuat kita semakin menunjukan peran kita dibumi Simora ini,”Pungkasnya. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *