Hari Kedua, Dapur Kemanusiaan Brimobda Papua Barat Lebih ‘Eksis’

MANOKWARI, gardapapua.com — Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Papua Barat bersama TNI mendirikan gerai dapur umum di Kelurahan Amban, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Hal itu untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, khususnya untuk membantu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19 di wilayah Kelurahan Amban, Kabupaten Manokwari.

Komandan Satuan Brimob Polda Papua Barat, Kombes Polisi Semmy Ronny Thabaa, kepada sejumlah awak media, sabtu (17/7/2021) mengungkapkan, bahwa kegiatan kemanusiaan melalui gerai dapur umum ini sebagai bentuk kepedulian dari TNI dan Polri terhadap semua masyarakat. Dalam pelaksanaannya juga turut melibatkan sejumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Diakuinya, sejak didirikan pada jumat 12 juli 2021, hingga memasuki hari kedua, pihaknya bersama tim sukarelawan dari Ormas tetap eksis secara swadaya melayani masyarakat, dengan menyiapkan Makanan Bergizi cepat saji, dan juga Vitamin kepada masyarakat.

“Jadi agar mereka tidak keluar rumah selama menjalani Isolasi Mandiri (Isoman), kita bantu mereka dengan makanan cepat saji untuk makanan siang dan makan malam setiap hari. Kegiatan dapur umum ini dimulai sejak Jumat 16 Juli 2021. Untuk pendistribusiannya telah ada tim yang kita sebut dapur lapangan, dan distribusi terdiri dari TNI – Polri dan Beberapa Ormas, seperti diantaranya ada SAN, LAN, dan Sobat Polisi juga Sahabat Polisi Indonesia,”Ungkap Dansat Brimobda Kombes Polisi Semmy Ronny Thabaa

Adapun dalam pelaksanaannya, menurut Dansat, pihaknya berkoordinasi dengan Posko PPKM kelurahan amban, manokwari.

Adapun jumlah yang disedikan 1000 paket, dibagi dalam dua tahap yakni 500 paket pada siang hari, dan 500 paket dibagikan pada saat malam hari.

” Namun di hari kedua ada penambahan hingga jadi sekarang kami siapkan 600 – 650 paket karena ada permintaan bantuan makanan cepat saji oleh jajaran puskesmas Andai misalnya, untuk membantu perawatan warga di wilayah Andai yang juga menjalani isolasi mandiri (isoman) dirumah,”Bebernya

Para Anggota Sukarelawan dari berbagai Ormas

Harapannya dengan adanya dapur umum lapangan ini masyarakat dengan pemberlakuan PPKM darurat ini mereka bisa benar – benar di rumah untuk sementara waktu.

“Dengan pola penanganan saling tolong menolong, maka kita pastikan diwilayah manokwari, khususnya di kelurahan Amban dapat menurun jumlah angka penyebaran covid-19 secara maksimal,”Harapnya

Sembari menambahkan, bahwa pihaknya terus menyerukan imbauan kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker dan disiplin menerapkan jarak fisik.

Sekertaris DPC Sahabat Polisi Indonesia (SPI) Kabupaten Manokwari, Yusup Sayop pada kesempatan itu ketika dimintai tanggapan atas keterlibatan pihaknya menuturkan, bahwa kegiatan kemanusian yang dilakukan dengan melibatkan para Ormas seperti ini sangatlah penting agar adanya peran aktif masyarakat membantu TNI – Polri mensukseskan program pelayanan humanis kepada masyarakat secara luas. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *