Gubernur Dominggus Mandacan Ajak KKAMT Manokwari, Bersatu Bergerak Maju Bangun Papua

MANOKWARI, gardapapua.com — Sama halnya mensyukuri perjuangan pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan, terutama Thomas Matulessy yang disebut Kapitan Pattimura yang telah mengorbankan jiwa dan berjuang melawan penjajah dengan menunjukan sikap patriotisme dan nasionalisme yang tinggi untuk merebut kemerdakaan, Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan mengajak masyarakat maluku khususnya dalam wadah Kerukunan Keluarga Ambon Maluku Tengah (KKAMT) yang ada di Manokwari untuk bersatu membangun daerah Provinsi Papua Barat.

Menurutnya, masyarakat Maluku yang menyebar dan berada di seluruh tanah papua, secara khusus Manokwari, Provinsi Papua Barat, merupakan potensi besar untuk bersama-sama pemerintah membangun daerah Provinsi Papua Barat, khususnya Manokwari yang lebih baik.

“Sejarah itu mencatat bahwa saudara – saudara kita dari Maluku itu sejak tahun 40/50-an sudah berada dan masuk tanah papua. Kehadiran selain membawa injil, juga sebagai guru. Yang ditugaskan disekolah diseluruh tanah papua, secara khusus di Manokwari. Sehingga sampai saat ini kita ada karena peranan masyarakat orang maluku kala itu, dan sampai ini harapan yang sama komitmen kebersamaan itu tetap harus dipelihara untuk bersama membangun tanah papua khususnya manokwari sebagai rumah bersama,”Ujar Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan

Gubernur, Drs. Dominggus Mandacan, dan Bupati, Hermus Indou saat memberikam sambutannya

Gubernur lalu mengajak, agar sebagai pattimura – pattimura muda agar dapat meneruskan perjuangannya dengan berkarya didalam berbagai bidang untuk mengisi pembangunan dengan menjunjung tinggi sikap patriotisme dan nasionalisme sebagai orang maluku yang turut berperan serta dalam membangun bangsa dan negara.

” Karena itu dengan merayakan Hari Ulang Tahun ke -204 tahun, kita jadikan sebagai momentum bagi orang maluku untuk tetap bersatu padu dalam hubungan pela gandong untuk bersama bergerak maju,”Ajak Gubernur Drs. Dominggus Mandacan.

 

Hal itu, sebagaimana komitmen Gandong Salam Sarane dengan Motto para leluhur yang terus menjadi slogan bagi semua anak – anak Maluku, “Potong Dikuku Rasa Didaging, Ale rasa beta rasa, Sagu Salempeng Patah Dua, Lawa Mena Haulala “Maju Terus Pantang Mundur”. Kiranya Motto ini dapat terus memotivasi orang maluku secara khusus kerukunan keluarga Ambon Maluku Tengah (KKAMT) yang berada di rantau untuk kembali bangkit dari tidurnya setelah sekian lama, agar aktivitas kerukunan dapat kembali dijalankan berdasarkan visi dan misi serta AD/ART KKAMT sebagai telah ditetapkan.

“Melalui syukuran pattimura ke -204, dan dengan syukuran Hari Ulang Tahun Pattimura ke -204 ini, semangat patriotisme dan nasionalisme dapat membakar sanubari Pattimura – Pattimura Muda untuk bangkit kembali membentuk dan melanjutkan aktivitas kerukunan keluarga Ambon Maluku Tengah (KKAMT),”Imbuh Gubernur menambahkan.

Romer Tapilattu, saat memberikan sambutannya

Sementara itu, Ketua KKAMT terpilih periode 2021 – 2026, Romer Tapilattu mengajak agar kepada seluruh lapisan anak – anak Maluku agar dapat bersama bergerak bersatu dan maju, meski berada ditanah rantau.

“Kalau dari dulu kita bisa bergerak seperti yang telah dilakukan para leluhur kita terdahulu yang mana tulang belulangnya ada dipesisir dan digunung tersebar ditanah papua maka hari ini harusnya kita sebagai anak – anak maluku tetap bergerak maju, bersatu membangun tanah papua. Saya memberikan apresiasi kepada bapak /ibu yang telah hadir kesempatan ini untuk memberikan doa restu kepada kami sebagai pengurus yang baru. Kita akan bekerja semaksimal mungkin sebagaimana mandat yang diberikan kepada kita. Terima kasih kepada bapak gubernur, bapak wakil, bapak bupati dan seluruh basudara dari kerukunan nusantara yang telah hadir dikesempatan ini,”Ujar Romer Tapilattu

Bupati Hermus Indou dalam sambutannya turut memberikan apresiasi atas suksesinya seluruh rangkaian perayaan dan syukuran HUT Pattimura ke -204 tahun 2021 di Manokwari, serta selamat dan sukses atas pelantikan ketua dan pengurus KKAMT Manokwari Periode 2021 – 2026.

“Harapan dua kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pemaknaan yang strategis bagi kita untuk meneruskan perjuangan dan mempersatukan seluruh warga maluku di Manokwari sebagai bagian tak terpisahkan dari seluruh masyarakat di Kabupaten Manokwari. Para pemuda pattimura adalah orang – orang yang tahu menghargai jasa para pahlawannya, sekali lagi salamat dan sukses serta selamat bekerja bagi ketua dan jajaran pengurus KKAMT yang baru, “Harap Bupati Hermus. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *