Tari Lenso Sambut Kedatangan Gubernur, Wagub dan Bupati Manokwari, di Pelantikan KKAMT

MANOKWARI, gardapapua.com — Tarian penyambutan tamu asal Maluku Ambon Manise, yakni Tari Lenso, ditarikan menyambut langkah kaki Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandan didampingi Istri Ny. Juliana Mandacan Kiriweno, Wakil Gubernur Mohamad Lakotani didampingi istri Ny. Lanny Lasinggi dan Bupati Manokwari Hermus Indou saat menginjakan kakinya memasuki pantai BLK, Manokwari, Provinsi Papua Barat, dalam rangka menghadiri kegiatan Pelantikan Badan Pengurus Kerukunan Keluarga Ambon Maluku Tengah (KKAMT) dan Syukuran Pattimura ke -204, sabtu (22/5/2021).

Turut mendampingi Gubernur, Wagub dan Bupati Manokwari, para sesepuh orang tua dari Kerukunan Keluarga Ambon Maluku Tengah (KKAMT), dan Ketua KKAMT terpilih periode 2021 – 2026, Romer Tapilattu, dan sekertaris KKAMT Ahmad Jais Elly, dan Wakil Ketua Ali Sangadji.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, disela memberikan sambutannya mengungkapkan, bahwa keluarga besar Maluku merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan dan pembangunan Papua Barat, sebab sejarah telah mencatat hal itu, sejak tahun 1940 – 1950an, dan terus menyebar diseluruh tanah papua. Dimana saat itu, beberapa penginjil asal maluku turut terlibat dalam proses pekerjaan zending. Seperti Pdt. W. Wattimena misalnya salah satu satu pelayan jemaat pertama yang dalam persekutuan Ebenhaezer, di Abepura (kini,red), pada masa – masa Perang Dunia (PD) II, sekira tahun 1943 – 1949, yang pada masanya dibantu dua orang majelis yaitu penatua D. Lanoh dan penatua P. Watebosi.

“Sejarah mencatat orang-orang Maluku berperan besar di Tanah Papua ini. Jadi saya ajak mari kita tinggal bersama dan jaga bersama rumah kita bersama, tanah papua ini dengan rukun dan damai,”Ucap Gubernur Papua Barat.

Adapun kesempatan itu, Bupati Manokwari, Hermus Indou berkesempatan mendapat amanah untuk memimpin dan melaksanakan prosesi pelantikan badan pengurus yang baru periode 2021 – 2026, dimana pada sela peresmian itu ditandai dengan penyerahan SK dan AD/ART dari pengurus Demisioner sebelumnya kepada pengurus yang baru yang mana diterima langsung oleh Ketua KKAMT terpilih, Romer Tapilattu.

Romer Tapilattu, saat memberikan sambutannya

Romer Tapilattu, usai dilantik, dan saat berksempatan memberikan sepatah dua katanya mengungkapkan, bahwasannya dalam kepimpinannya kedepan secara tegas selain meminta dan dukungan mengapresiasi seluruh keluarga besar kerukunan yang tergabung didalam wadah kerukunan Ambon Maluku Tengah, untuk bergerak bersatu dan maju bersama, dalam meneruskan seluruh kerja – kerja leluhur terdahulu di tanah papua.

Selain tarian lenso adat, pada kesempatan itu para masyarakat maluku dan jajaran Forkopimda disungguhi rangkaian hiburan lainnya seperti panggung drama anak – anak maluku dengan judul ‘Sagu Untuk Pattimura’ yang menceritakan perjuangan Thomas Matulessy, sang Kapitan Pattimura beserta para pengikutnya yang melawan para penjajah, serta hiburan artis ibukota Edo Kondologit, serta vokal grup lokal Manokwari asal Maluku, Amalat Vokal Group. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *