Uskup Manowari Sorong Tahbiskan Imam Baru Yulianus Korain,Pr

KUMURKEK, gardapapua.com —Uskup Manokwari – Sorong Mgr Hilarion Datus Lega,Pr memimpin acara pentahbisan diakon Yulianus Korain,Pr sebagai Imam Baru untuk melayani Tuhan dan Umat di wilayah Keuskupan Manokwari Sorong, bertempat di gereja Katolik Paroki St Yosef Ayawasih Kabupaten Maybrat Papua Barat, (13/08/2020).

Prosesi Pentahbisan diawali dengan pelaksanaan Ritual Adat setempat yaitu gambaran pendidikan Wuon dari Rumah Wofle.

Keberhasilan Imam baru Yulianus Korain ,Pr dalam meraih Ilmu Pengetahuan ini digambarkan atau diibaratkan seperti seseorang yang telah berhasil melaksanakan Pendidikan Wuon yang disambut warga setempat dan sanak keluarga.

Prosesi dilanjutkan dengan penyerahan Imam baru dari ayah calon Imam kepada Uskup Manokwari Sorong Mgr Hilarion Datus Lega,Pr dengan penyerahan ini menandakan bahwa calon Imam selanjutnya menjadi Milik Tuhan untuk mengabdi sebagai Imam Di Keuskupan Manokwari Sorong.

Dalam oerayaan Tahbisan Imamat dipimpin Oleh Uskup Manokwari Sorong Sorong Mgr Hilarion Datus Lega,Pr dan sejumlah Pastor yang mendampingi yang berjumlah kurang lebih 35 Pastor maupun Diakon.

Turut Hadir dalam Perayaan Misa ini Vikaris Jenderal Keuskupan Manokwari-Sorong RP. Lewi Ibori, OSA,Pastor Paroki St Yosef Ayawasi Markus Malar,Pr Bupati Maybrat Drs.Bernard Sagrim, MM, Wakil Bupati Maybrat Paskalis Kocu, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Maybrat, Tokoh Masyarakat, tokoh Adat serta Tamu undangan lainya dan umat Paroki.

Dalam Prosesi tahbisan Imamat Calon Imam Diakon Yulianus Korain resmi ditahbiskan menjadi Imam Baru ditandai dengan prosesi mendaraskan Litani dengan membaringkan diri di depan altar dengan penumpanan tangan, serta pemasangan Kasula oleh Uskup Manokwari Sorong Mgr Hilarion Datus Lega,Pr bersama orang tua.

Dalam prosesi selanjutnya Imam Baru Yulianus Korain ,Pr tampil perdana melaksanakan sejumlah pelayanan ibadah seperti pembagian Tubuh dan Darah Kristus, serta melaksanakan pemberkatan bagi anak anak.

Pastor Markus Malar,OSA selaku Pastor Paroki St Yosef Ayawasi dalam sambutanya atas nama Dewan Paroki dan seluruh Umat menyampaikan Terima kasih yang besar kepada Uskup Manokwari Sorong yang telah memberikan kepercayaan dan ruang kepada Umat Katolik Ayawasih untuk menyelenggarakan pesta Iman yang besar. Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh rekan Imam dari berbagai Kabupaten di Papua Barat yang telah mengambil bagian dalam perayaan Iman ini.

Diakhir sambutan Pastor Markus Malar,OSA menyampaikan pesan Imam Baru Yulianus Korain ,Pr bahwa dihari ini ratusan bahwakan ribuan mata memandang kepada Imam Baru Yulianus Korain Pr,kedepan diharapkan ribuan mata di Papua maupun diseluruh dunia dapat berkata , “ Ini Baru Imam.”

Yulianus Korain ,Pr Selaku Imam Baru dalam sambutanya menjelaskan bahwa melalui Motto Iman yang dimilikinya yaitu “ Jangan Abaikan Rahmat Allah Yang Ada Padamu sesuai Surat Rasul Paulus 1 Timotius 4 : 14 “ Pastor yang berasal dari Kampung Mosum Aifat Kabupaten Maybrat ini menjelaskan bahwa dengan Motto ini ingin menyampaikan bahwa semua manusia telah dikaruniakan Talenta dan Bakat sesuai kemampuan masing masing untuk itu hendaklah di kembangkan sehingga bisa bermanfaat untuk Tuhan dan sesama.

Menurutnya, panggilan menjadi Imam adalah panggilan nyata yang membahagiakan seperti yang dikisahkan bahwa dalam kurun 13 Tahun dirinya telah berjuang bersama Allah melalui Doa dan Studi untuk meraih panggilan sebagai seorang Imam dan Tuhan Telah mewujudkannya.

“ Dengan menjadi Imam berarti melaksanakan Proyek Keselamatan sehingga jika tidak dikelolah secara baik maka umat Tuhan pun tidak memperoleh keselamatan,untuk itu hendaklah Proyek Keselamatan dapat dikelolah secara baik sehingga umat mendapat keselamatan dan hal inilah yang menjadi tugas dan tanggung jawab besar yang harus dilaksanakanya,”Ungkapnya

Sementara itu Uskup Manokwari Sorong Mgr Hilarion Datus Lega,Pr menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksanaan kegiatan yang telah menyukseskan pelaksanaan tahbisan Imamat bagi Imam Baru Yulianus Korain ,Pr.

Dalam Khotbahnya Uskup mengatakan dalam menapaki usia yang ke 64 Tahun sejak 1956 Paroki St Yosef Ayawasi terus hidup melewati tantangan Jaman hal ini karena “ Jangan Abaikan Rahmat Allah Yang Ada Padamu sesuai Surat Rasul Paulus 1 Timotius 4 : 14 bahwa Tuhan telah menjaga Tanah ini sejak dahulu kala sebelum adanya Kristen masuk ke wilayah ini dengan kebudayaan yang kaya serta tanah yang subur dan inilah ciri yang di sampaikan Paulus melalui Timotius.

“Tanpa adanya rahmat Tuhan yang ada pada kita yang telah dilahirkan turun temurun kepada nenek moyang kita sampai saat ini merupakan bukti campur tangan Tuhan dalam kehidupan menggereja. Seperti halnya disaat ini melalui Seminari Petrus Van Dipen Sorong Pastor Yulianus Korain,Pr mengikuti proses belajar dan saat ini kita telah menyaksikan berhasil ditahbiskan menjadi Imam Baru,”Ujarnya

Hal ini karena rahmat Tuhan dengan memberikan rahmat dan kelimpahan dan kemurahan yang dikaruniakan kepada Paroki St Yosef Ayawasih sehingga dari angkatan demi angkatan dan generasi penerus Paroki ini dapat berhasil dan tentunya kita semua tidak ada apa apanya nya tanpa rahmat dan kemurahan Tuhan.

Demikian juga disampaikan Bupati Maybrat Drs Bernard Sagrim,MM dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada Imam Baru Yulianus Korain ,Pr yang baru ditahbiskan menjadi Imam untuk melayani umat katolik. selanjutnya bupati menambahkan atas nama umat katolik dan seluruh masyarakat Kabupaten Maybrat pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Bapak uskup dan jajaranya yang telah membina dan mendidik putra putri kabupaten Maybrat terutama Pastor yulianus Korain untuk melakukan pelayanan bagi umat katolik di wilayah Papua Barat.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Pelaksanaan Misa Pentahbisan Imamat Stevanus Kocu saat diwawancara menyampaikan terimah kasih yang besar kepada seluruh Panitia atas partisipasiya sehingga seluruh pelaksanaan kegiatan ini dapat berlangsung lancar dan menyukseskan pesta iman ini dengan baik.

Dipenghujung acara dilaksanakan foto bersama di depan altar gereja dan jamuan makan bersama bertempat di halaman SD St Yosef Ayawasi. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *