Tingkatkan Kepuasan Pelanggan, PLN Manokwari Launching Outage Management

MANOKWARI, gardapapua.com — Sebagai bagian dari peningkatan pengalaman pelanggan dalam menikmati layanannya, PLN telah meluncurkan Outage Management for Customers Focused. Program ini merupakan bagian dari transformasi PLN yang telah dimulai sejak Tahun 2020 lalu.

Terlaksananya Go- Live pada unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) manokwari ditandai melalui zoom meeting yang diresmikan oleh Indradi Setiawan selaku Eksekutif Vice Presiden Distribusi Regional Sulawesi Maluku dan Papua yang diikuti oleh Manajemen dan Pegawai. Selain PLN UP3 Manokwari hadir pula yang diresmikan 11 (sebelas) Unit pelaksana yaitu PLN UP3 Pare-Pare, UP3 Pinrang, UP3 Watampone, UP3 Palopo, UP3 Mamuju, UP3 Bulukumba, UP3 Kendari, UP3 Bau-Bau, UP3 Tual, UP3 Masohi serta UP3 Saumlaki.

Indradi Setiawan, selaku EVP Distribusi Sulmapa mengatakan, OM merupakan suatu program terintegrasi yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan penyediaan listrik dari PLN yang menggunakan teknologi artificial intelligence yang saling terintegrasi dan dilengkapi dengan big data untuk mempercepat penanganan pengaduan. Unit yang telah mengimplementasikan OM diharapakan meningkatkan teamwork petugas dan kolaborasi dalam kinerja pelayanan.

“Untuk semakin meningkatkan kecepatan dan ketepatan informasi kepada pelanggan, OM juga diperkaya dengan infoblast yaitu pengiriman notifikasi pemadaman secara otomatis dan real time pada aplikasi PLN Mobile bila terjadi pemeliharaan dan gangguan, serta pelayanan borderless, dimana jika sebelumnya petugas pelayanan teknik melayani pelanggan sesuai unit kerja masing-masing, kini pelayanan teknik PLN bisa dilakukan oleh petugas yang terdekat dari lokasi gangguan. Dengan Go Live ini maka kita harus memastikan bahwa pelayanan kita semakin handal” ujar Indradi, Senin (03/5/2021).

Penerapan OM juga dapat dihadirkan dalam fitur di PLN Mobile. Pelanggan dapat melihat progres penyelesaian dari pengaduan yang mereka ajukan melalui PLN Mobile, dimulai dari waktu pelaporan, penugasan regu yang akan melayani, proses pengerjaan hingga waktu nyala kembali.

Dalam sharing zoom meeting manager roberth rumsaur selaku manager PLN UP3 Manokawari menyampaikan PLN akan terus berinovasi meningkatkan pelayanan pelanggan serta peningkatan kecepatan akurasi di sisi penanganan keluhan pelanggan. Command Center Manokwari sudah terintegrasi dengan aplikasi internal PLN lainnya secara terpusat dan realtime.

“Kami terus mengupayakan perbaikan terus menerus di sisi aplikasi dan operasi pelaksanaan, sehingga bisa dirasakan manfaatnya sebagai implementasi customers focus dalam Transformasi PLN. Dengan Outage Management for Customers ini, kita berharap bahwa layanan PLN akan semakin mudah dirasakan oleh seluruh pelanggannya dimanapun berada. Tidak hanya mudah, namun juga cepat juga akurat, sehingga ini akan memberikan experience tersendiri bagi pelanggan dalam merasakan layanan yang diberikan PLN,”Tambah Roberth. [*/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *