Senin Depan, Gaji Guru Honorer SMA/SMK Segera Di Bayarkan

MANOKWARI, gardapapua.com — Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat, Barnabas Dowansiba, Jumat (2/10/2020) mengatakan, bahwa terkait dengan tunggakan gaji guru honorer SMA/SMK Sederajat se-Papua Barat, senin (5/10/2020) akan segera direalisasikan atau mulai dibayarkan.

“Terkait Dengan Guru Honor, SMA/SMK sudah kita proses. Dan kita berharap hari ini sudah bisa masuk di bank, agar pada hari senin sudah bisa kita lanjutkan segera di bayarkan. Karena SP2D kemarin sudah keluar dan kita berharap agar hari senin itu realisasi pembayaran mulai dilaksanakan,”Ujar Barnabas Dowansiba, kepada gardapapua.com, diruang kerjanya.

Adapun Total nilai Upah Gaji yang nanti akan dibayarkan oleh pemprov papua barat melalui dinas pendidikan provinsi papua barat sampai 9 bulan ini adalah kurang lebih sekitar Rp. 37,5 miliar.

“Kemarin SP2D sudah jadi semua. Dan karena jumlah nilainya besar, maka kita tetap akan membayar dengan metode penyetoran. Karena kalau menggunakan metode Kliring dipastikan akan lama masuk di rekening para penerima,”Cetus Dowansiba

Diterangkannya, bahwa pembayaran tunggakan gaji/upah kepada sekitar 1.876 guru honorer adalah murni menggunakan Dana Pemerintah Papua Barat berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang telah dikeluarkan oleh Biro Hukum Papua Barat.

“Dasar pembayaran ini juga sesuai arahan gubernur pada saat ada kegiatan BPJS di Aston Niu Hotel, sudah ditegaskan bahwa pembayaran gaji honorer SMA/SMK kedepan itu akan ditanggulangi oleh Pemprov Papua Barat,”Cetusnya

Dimana untuk Kabupaten /kota sudah tidak akan menanggulangi lagi karena nomenklatur itu sudah dikembalikan di tangani oleh pemprov papua barat melalui dinas pendidikan provinsi papua barat.

Upaya ini juga merupakan hasil koordinasi Dinas Pendidikan lalu dengan Sekda Papua Barat untuk bagaimana menyikapi persoalan yang dihadapi para tenaga guru honorer yang adalah garda terdepan mencerdaskan anak bangsa pada tingkatan sekolah menengah atas/sederajat kejuruan. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *