Akhirnya, Frangki Umpain Dilantik Gubernur Papua Barat, Lanjutkan Roda Pansel DPRD – PB Otsus

MANOKWARI, gardapapua.com — Frangki Umpain akhirnya resmi dilantik oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan untuk melanjutkan roda pelaksanaan kegiatan penjaringan seleksi pengangkatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat dari Jalur pengangkatan atau Otsus.

Sehingga, terang Gubernur Mandacan, bahwa jika dengan telah dilaksanakan pergantian pengisian keanggotaan Pansel ini, maka diharapkan Pansel bersama sekretariat Pansel agar dapat menjalankan tugas sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan.

Pengukuhan pelantikan Frangki Umpain, sekedar diketahui adalah menggantikan tugas almarhum Yohan Albert Warijo, sesuai usulan pengganti dari Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat sebagai keterwakilan dari unsur masyarakat adat Papua.

Pelantikan satu orang anggota Panitia Seleksi (Pansel) tingkat provinsi, Frangki Umpain, dilaksanakan pada Kamis (11/6/2020) itu, berdasarkan putusan MK Republik Indonesia Nomor : 116/PUU-VII/2009, menyebutkan proses pengisian calon anggota DPR periode 2019- 2024 sesuai Perda Nomor 4 Tahun 2019 anggota pansel terdiri dari lima unsur, yaitu unsur akademisi, pers, kejaksaan, pemerintah, dan masyarakat adat.

Gubernur juga menjelaskan, terkait proses seleksi DPR Papua Barat Fraksi Otsus periode 2019 – 2024, sudah berjalan sampai pada proses seleksi kepada 35 calon untuk selanjutnya menyisakan tahapan wawancara, namun tertunda karena adanya Pandemi Covid-19 sejak awal Maret 2020 lalu.

” Diharapkan, agar pansel segera menyelesaikan semua tahapan jadwal yang tertunda karena adanya pandemi covid19 sejak bulan maret 2020 dan saya berharap kepada panitia pansel agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik – baiknya sesuai mekanisme berdasarkan prinsip dan azas jujur, adil, demokratis, efisiensi, keterbukaan dan bertanggung jawab,”Harap Gubernur Drs. Dominggus Mandacan, mengutip sambutan tertulisnya pada kesempatan itu. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *