Tingkatkan Kapasitas Wartawan, PWI Papua Barat Gelar Orientasi Jurnalistik

MANOKWARI, gardapapua.com — Puluhan wartawan mengikuti orientasi Jurnalistik yang diselenggarakan oleh pengurus PWI Papua Barat periode 2019-2024.

Kegiatan Orientasi Wartawan Angkatan 1/2019 ini dilaksanakan di salah satu hotel di Manokwari, Senin (14/10/2019).

Para peserta yang hadir mencapai 57 orang terdiri dari puluhan wartawan muda maupun senior dari media cetak, online dan elektronik mengikuti langkah setiap materi yang dipaparkan oleh tiga narasumber.

Para narasumber diantaranya Ketua PWI Papua Barat Bustam, Hendrik V Sitinjak selaku Redaktur Pelaksana Media Taburapos, dan Azis Tokan selaku Kepala Biro Antara Papua Barat.

Kepada gardapapua.com, ketua PWI Papua Barat Bustam menjelaskan, bahwa Orientasi organisasi persatuan wartawan indonesia provinsi Papua Barat Angkatan pertama tahun 2019, ini adalah penyelarasan program kerja bersama PWI pusat yang telah diputuskan paska kongres.

Dimana ini bertujuan untuk memantapkan dan meningkatkan pemahaman seluruh wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat, baik pada anggota lama, anggota baru dan calon anggota semua dapat mengikuti baik orientasi ini.

” Harapnya teman – teman bisa memahami organisasi PWI seperti apa dan melalui pedalaman materi terkait dengan kita sendiri adalah sebagai pers. Sehingga terkait kode etik, hukum pers, dan keorganisasian sendiri. Sehingga diharapkan hal ini dapat menjadi tambahan pengetahuan supaya teman – teman dalam menjalankan dan melaksanakan tugas jurnalistik bisa aman di lapangan dan berjalan sesuai koridor hukum, karena kita diatur dengan UU Pers, Kode Etik Jurnalistik,”Ucap Ketua PWI Papua Barat, Bustam.

Melalui rangkaian orientasi peningkatan pemahaman terhadap pedoman – pedoman ini, wartawan dalam melaksanakan tugasnya nanti dilapangan diharapkan lebih profesional, dan efisien dalam menentukan arah suatu penulisan pemuatan pemberitaan.

Salah satu contoh seperti memahami baik pedoman pemberitaan ramah anak (PPRA) genre dari pasal 5 KEJ, selain itu perlu membekali diri dengan pengetahuan lain. Ada KUHP seperti banyak pasal tentang pencemaran nama baik, penghinaan didepan umum, dan sebagainya.

” Teman – teman nanti diharapkan dapat memahami dalam tugas dan tanggung jawabnya nanti saat dilapangan, tentunya tanpa bersinggungan dengan undang – undang lainnya,”Harapnya

Dengan demikian, melalui rangkaian Orientasi Keanggotaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua Barat Angkatan I Tahun 2019, para wartawan Papua Barat diharapkan semakin mampu memahami tupoksi kerja jurnalistiknya dengan profesional dan berimbang.

Sekedar diketahui dalam rangkaian kegiatan orientasi ini, terdapat tiga (3) materi yang dipaparkan, diantaranya tentang, Pedoman Dasar (PD), Pedoman Rumah Tangga (PRT) PWI, Sosialisasi Kode Etik Jurnalistik dan Peningkatan Kapasitas tentang Pembelaan/Advokasi Wartawan. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *