Kominfo RI dan Pemda R4 Bimtek Penggunaan Aplikasi Berbasis Web Bagi OPD

WAISAI, gardapapua.com — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, bersama dinas komunikasi informatika statistik dan persandian di kabupaten raja ampat, menggelar bimtek penggunaan aplikasi berbasis web (simaya.rajaampat.go.id) terhadap seluruh Admin Simaya OPD dan Bagian SETDA Raja Ampat.

Peserta Bimtek Penggunaan Aplikasi Perkantoran Berbasis Awan/Web (simaya.raja ampat. goid), di ikuti masing-masing OPD, di lingkungan pemerintah kabupaten Raja ampat, selasa 01/10(19), bertempat di Aula Bappeda, Kabupaten Raja Ampat.

Hadir dalam bimtek para pejabat lingkungan pemkab raja ampat, yakni Asisten III Bidang administrasai umum Setda Yulianus mambraku SH, Kepala dinas Perindustrian dan perdagangan Djalali, Kepala DP3AKB Sity Syam Kadis Kependudukan dan catatan sipil, Abu bakar Alhamid, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika,Tobias omkarsba, Kepala Dinas penanaman Modal dan PTSP ,Muhamad Said Soltief.

Dalam sambutannya, Direktur Layanan Aplikasi Informatika, Pemerintahan, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Bambang Dwi Nugroho mengatakan, bahwa aplikasi perkantoran Simaya merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang wajib diterapkan pada setiap lembaga pemerintahan.

Dijelaskan, bahwa Simaya merupakan aplikasi yang diamanatkan oleh Peraturan Presiden untuk diterapkan dan saat ini sekitar 300 lebih Pemda menggunakannya.

Simaya sendiri dapat
meningkatkan efektivitas, efisiensi dalam mengelola administrasi perkantoran seperti
surat menyurat dan disposisi.

Aplikasi berbasis awan/web ini bisa dipakai di mana saja sejauh ada akses internet, dan tata naskah dinas/surat menyurat dilakukan
secara otomoatis, tidak manual lagi.

” Jadi Tidak hanya memberikan bimtek atau
pendampingan, bambang juga menyatakan
bahwa kemenkominfo RI akan memberikan
Layanan berupa perhatian khusus bagi raja ampat dengan menyediakan teknologinya,”Ungkapnya.

Sementara itu, sambutan tertulis oleh Bupati Raja ampat Abdul Faris Umlati SE, yang dibacakan Asisten III bidang administrasi umum setda, Yulianus Mambraku SH, mengatakan bahwa Aplikasi perkantoran berbasis web (simaya.rajaampat.go.id) ini, merupakan sebuah langka maju bagi daerah ini untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dalam rangka menciptakan efektivitas efisiensi, akuntabilitas dan transparan.

Aplikasi simaya merupakan aplikasi administrasi perkantoran berbasis web. Dengan aplikasi ini, maka proses manajemen persuratan yang biasanya dilakukan secara manual dapat dilakukan secara otomatis, sehingga memudahkan dalam proses administrasinya, pencarian dan pengarsipan, efisiensi, dan efektivitas adalah tuntutan mendasar bagi kinerja birokrasi dewasa ini.

“Hal tersebut berlaku pula dalam hal tata kelola surat menyurat, surat menyurat dan disposisi, tidak harus dilakukan dengan cara manual. Namun dengan aplikasi elektronik sehingga kinerja administrasi lebih efektif,”Harap Bupati sesuai amanat sambutannya

Sembari menambahkan, bahwa penerapan aplikasi simaya sendiri dapat dilakukan atau dilaksanakan dengan cepat dan diharapkan mampu untuk meningkatkan efektivitas dan produktifitas kerja di administrasi lingkungan pemerintah kabupaten raja ampat.

” Karena itu saya berharap agar peserta dapat mengikuti bimtek ini dengan serius sehingga ke depan dapat bekerja sebagai admin yang mampu mengelola aplikasi ini untuk menunjang tugas dan penyelenggara Roda OPD,”Terangnya

“Saya juga mohon dukungan kementerian komunikasi dan informatika republik indonesia, untuk terus membantu mendampingi kami sehingga kami juga bisa maju dan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam menunjang penyelenggaraan roda pemerintahan yang baik dan bersih,”Tutupnya [DM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *