Bung Anisto Ajak Pemuda Refleksikan Pancasila

MANOKWARI, gardapapua.com — Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (DPD) Kabupaten Teluk Bintuni Yohanis Manibuy menginginkan generasi muda kabupaten Teluk Bintuni dapat merefleksikan dan memaknai Pancasila sebagai ideologi negara dalam kegiatan positif, dan berjuang untuk menjadi corong menyuarakan suara masyarakat.

” Banyak cara kita sebagai pemuda yang adalah generasi emas harapan bangsa untuk mereflesikan makna pancasila itu, “Ucap Yohanis Manibuy, selasa (1/10/2019).

Ditambahkan, bahwa pemuda diera global modernisasi, pentingnya untuk tidak saja memahami Pancasila sebagai bagian dari sejarah semata, tetapi juga memahami dan menghaturkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. salah satunya, dengan melakukan gebrakan pembaharuan bagi sekelilingnya dengan menjadi motivator yang baik.

Sebagaimana tertera dalam Pancasila sila kelima, yang adalah keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia mempunyai makna bahwa seluruh rakyat Indonesia, patut mendapatkan perlakuan yang adil baik dalam bidang hukum, politik, ekonomi, kebudayaan, maupun kebutuhan spiritual dan rohani sehingga tercipta masyarakat yang adil dan makmur, khususnya menyikapi pembaharuan dikabupaten Teluk Bintuni dapat disemangati dan dikawal bersama oleh para pemuda – pemudi.

” Pengertian adil adalah dimana semua orang mendapat hak menurut kewajibannya. Adil adalah sesuatu yang tidak memihak atau sama rata, tidak ada pilih kasih dan masih banyak lagi persepsi yang lainnya. Sehingga bagaimana semangat keadilan itu kita sebagai pemuda bintuni bersama bangkitkan lagi,”Imbuhnya

Contoh lain menurut Anisto sapaan akrabnya, sebagai wujut menyatakan sikap yang mencerminkan sila tersebut adalah berusaha menolong orang lain sesuai kemampuan, menghargai hasil karya orang lain dan sebagai pemuda – pemudi bersama menjunjung tinggi nilai kekeluargaandan menghormati hak dan kewajiban orang lain.

Dengan demikian, melalui pengamalan Pancasila, seluruh lapisan Pemuda – Pemudi dapat berempati dan simpati kepada orang lain di bidang kesehatan, pendidikan dan sosial ekonomi.

“Khususnya menjadi menjadi penyemangat bagi kita para pemuda – pemudi untuk mau berkarya dan turut berperan mengambil peran memajukan kejayaan dan kesejahteraan masyarakat di negeri sisar matiti Kabupaten Teluk Bintuni, “Tukas Bung Anisto, yang juga sebagai ketua DPD Partai Golkar Teluk Bintuni. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *