Gandeng Polres dan Peradi, Dinsos R4 Sosialisasi Penanganan Hukum Bagi Anak

WAISAI,gardapapua,com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat melalui Dinas Sosial kabupaten Raja Ampat, Bersama Polres Raja Ampat dan Perhimpunan Advokasi (PERADI) kota sorong, melakukan safari penyuluhan keluarga sadar hukum (Kadarkum) tentang Penanganan masalah sosial terhadap anak nakal dan bermasalah tentang hukum.

Kegiatan yang mengangkat Thema Penanganan Masalah Sosial Terhadap Anak Nakal bermasalah hukum, digelar, Rabu (26/6/2019) di Raja Ampat.

Kegiatan yang di hadiri oleh Kapolres Raja Ampat diwakili oleh Kanit PPA, Aiptu Sahdun, dan Perhimpunan Advokasi (PERADI) kota sorong diwakili Mulyadi Golap,SH,MH, Asisten I Yulianus mambraku, Kepala dinas Kependudukan dan catatan sipil Abubakar Alhamid, perwakilan Tokoh Agama Hanafi, Kepala dinas Sosial martha sanadi, dan para peserta dari Sejumlah sekolah di waisai, dan lingkup (ASN) Honorer dinas Sosial raja ampat.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial kabupaten Raja Ampat Martha M Sanadi,S.Pd., M,Pd, mengatakan bahwa, penanganan anak nakal bermasalah hukum semakin berkembang. Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini diharapkan kepada peserta terutama dari instansi yang langsung penanganan terhadap anak agar banyak memberikan pembelajaran di Sekolah – sekolah sejak dini.

” Selain di sekolah,Pengawasan orang tua sangat penting,apalagi pengembangan anak di Raja ampat merupakan generasi penerus yang butuh pengawasan semua pihak,”Jelas Kadinsos Martha M Sanadi,S.Pd., M,Pd.

“Kami mengundang bapa ibu guru paut,dalam sosialisasi ini karena anak didiknya masih di kategorikan anak-anak.”Ucapnya menambahkan.

Sementara itu, sambutan Bupati Raja Ampat yang di wakili oleh Asisten III Yulianus Mambraku S.H, menuturkan bahwa, mencermati fakta yang terjadi saat ini terdapat kasus kenakalan anak semakin meningkat.

” anak bisa membunuh dan mengancam nyawa seseorang,disebabkan konsumsi minuman keras, Narkotika, pencurian, begal, lem aibon, dan terlibat aksi pornografi,”Sebutnya

Oleh karena, itu melalui kesempatan ini ditegaskan kepada para orangtua agar serius memperhatikan dan mengawasi anak-anaknya.

“Janhan tunggu sampai ada masalah baru sibuk cari bantuan atau pertolongan,”Himbaunya

Sembari mengingatkan, bahwa melalui sosialisasi ini, dia menyampaikan, bahwa pesan Gubernur papua barat,Drs,Dominggus Mandacan,M,Si beberapa waktu yang lalu, juga telah mengintruksikan kepada seluruh elemen masyarakat dan stakeholder di papua barat ini agar bekerja keras menyelamatkan generasi muda papua barat dari ancaman Narkotika,Lem aibon,dan HIV.

” Kedepan saya instruksikan kepada dinas- dinas terkait untuk giat melakukan sosialisasi,edukasi pendampingan bagi anak- anak kita,Dan kepada masyarakat, tokoh masyarakat,para guru dan elemen lainya,”Terangnya

” Mari kita jaga lingkungan kita dari pengaruh- pengaruh negatif yang dapat mempengaruhi perilaku seorang anak, kita juga tahu bahwa peran pengaruh lingkungan, serta turut memberikan peran terhadap anak mungkin dulunya anak-anak tidak berkeliaran malam tetapi saat ini anak-anak begitu bebas nongkrong di jalan dan cafe hingga larut malam”Tutupnya memaparkan. [DM/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *