Jurnalis Manokwari Didorong Tingkatkan Profesionalisme Penulisan Berita EkoBis

MANOKWARI, gardapapua.com — Puluhan Jurnalis media massa Di Manokwari ikuti Pelatihan menulis. Pelatihan Penulisan dan Peliputan Berita bagi jurnalis media massa ini digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat bertempat di Ballrom, lt 2, Mansinam Beach Resort, Manokwari, Sabtu (27/10/2018).

Deputi BI Papua Barat Fransisksxaverius Widarto saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, melalui program pelatihan penulisan dan peliputan berita bagi jurnalis media massa ini, diharapkan mampu mendorong peningkatan wawasan wartawan memahami sudut pandang tentang sisi informasi terkait Bisnis dan Ekonomi (ekobis,red).

Selain itu, mampu menjembatani kepada masyarakat agar semakin mengenal BI, dari setiap karya jurnalistik yang lebih efisien dan tepat sasaran dari sebuah penyajian rangkaian informasi dalam bentuk pemberitaan.

“Pelatihan menulis yang kami gelar kali ini diharapkan mampu merangsang rekan – rekan wartawan dalam berkarya melalui tulisan lebih baik lagi. Utamanya menulis tentang perekonomian dan perbankan,” ucapnya

Sementara itu, Titis Nurdiana selaku Managing editor KONTAN di media berita terkini investasi dan Ekonomi Indonesia, sebagai pemateri menyampaikan beberapa poin yang penting dalam penulisan berita di media massa. Sebab, menulis di media massa berbeda dengan menulis ilmiah.

“Ada beberapa kriteria berita yang kini menjamur di media massa. Sehingga penting bagaimana wartawan dimasa kini mampu menampilkan tulisan terbaik di media, melakukan suatu perubahan dengan mengikuti trend masyarakat, namun mampu juga memberikan edukasi sajian perubahan itu dengan baik,” tuturnya.

Titis Nurdiana dalam pemaparan awalnya mengutarakan, salah satu pilar dari jurnalis adalah mampu membuat perubahan.

Perubahan dimaksud adalah, mampu memberikan warna atau nuansa baru dalam sebuah sajian informasi publikasi di media massa sesuai isi konten dan kebijakan media terkait. Sehingga diperlukan jiwa yang konsisten dan tekun untuk menyajikan suatu sajian informasi tersebut dan diterima lingkungan element masyarakat.

“Kita harus berani melalukan perubahan dengan apa yang kita miliki dari media kita. dimana dapat menyesuaikan dengan perkembangan informasi telekomunikasi dan semestinya media bukan sekedar memahami kebutuhan masyarakat, namun mampu menyediakan sajian informasi yang berbeda, namun dapat menjadi sarana edukasi dan memberikan pemahaman yang baik dan lebih berguna bagi masyarakat,”Jelasnya

Beberapa perwakilan media yang hadir dalam rangkaian kegiatan pelatihan ini diantaranya berasal media Harian Cahaya papua, Harian Radar Papua, Harian Papua Baratnews, Harian Kasuari pos, Harian Taburapos, RRI, Tv Lokal Kasuari Channel, dan biro perwakilan Harian Radar sorong, Antara, Radio elshinta, papuakita.com, kabarpapua.co, papuakini.co, lintastimur.com, papuabaratonline.com, orideknews.com, sorongraya.co, papuabarat pos, Harian Papua, dan Jubi.com. [ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *