BudayaGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsReligiUncategorized

Bupati Hermus Indou dan Tim Safari Ramadan Buka Puasa bersama Keluarga Luwu Raya Manokwari

MANOKWARI, gardapapua.com — Tim Safari Ramadan 1445 H/2024 M, Pemerintah kabupaten Manokwari dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Manokwari, mengunjungi Kerukunan Keluarga Luwu Raya Kabupaten Manokwari. Mengusung Tema : “Meningkatkan Khidmat Ormas Islam untuk kemanusiaan, kebangsaan dan kesejahteraan Manokwari untuk semua, semua untuk Manokwari “, kegiatan silaturahim buka puasa bersama tersebut dilaksanakan bertempat di ruang pertemuan Oriestom Bay Taman Ria, Manokwari, pada Minggu (31/3/2024), sore.

Dalam sambutannya, Bupati Manokwari, Hermus Indou, S.IP.,M.H, menyampaikan bahwa momentum Safari Ramadan 1445 Hijriah / 2024 M, yang dilaksanakan merupakan sarana membangun komunikasi dan silaturahmi dengan masyarakat melalui tausiah dan ceramah.

Bupati Hermus juga menegaskan, bahwa safari ramadan ini telah menjadi program rutin Pemkab Manokwari yang telah digelar sejak empat (4) tahun terakhir sejak 2019.

“Kegiatan ini juga bagian upaya mempererat tali silaturahmi dan mendekatkan diri antara pemerintah dan masyarakat, kita bersyukur bahwa kegiatan silaturahmi safari ramadan ini telah menjadi program rutin yang telah berjalan selama empat tahun terakhir,”Ungkap Bupati Manokwari, Hermus Indou, S.IP.,M.H.

Bupati Hermus menyebut, bahwa peran Nabi Muhammad SAW telah meletakkan dasar-dasar Islam dalam berbagai perspektif peradaban suatu bangsa dan kebutuhan zaman.

Sehingga tentu tugas-tugas tersebut sudah seharusnya dilanjutkan oleh umat Islam sampai kapan pun dan di mana pun. Hal ini jika dilihat bahwa Umat Islam sebagai salah satu komponen terbesar dalam bernegara, maka menjadi tugas mulia umat Islam untuk melaksanakan dan melanjutkan misi Nabi Muhammad SAW. Dimana setidaknya ada tiga komponen dalam melaksanakan perintah Nabi Muhammad SAW. Yaitu, misi vertikal sebagai hamba terhadap Tuhannya, maupun misi horizontal sebagai khalifah untuk mengajak umat agar dapat saling menghargai dan selalu berbuat baik, dsn ketiga menjaga hubungan sebagai Manusia dengan Alam yang adalah ciptan mulia dari sang Maha Kuasa.

“Umat Muslim sebagai salah satu komponen terbesar dalam bernegara, telah banyak berkontribusi banyak terhadap terbentuknya negara kesatuan republik indonesia. Juga dalam perkembangannya lini aktif untuk terlibat dalam program – program pembangunan untuk mensejahterakan seluruh umat di bangsa dan daerah, termasuk di Kabupaten Manokwari,”Imbau Bupati Hermus.

Sembari menambahkan, bahwa melalui Safari Ramadan program keempat yang telah dilaksanakan sejak tahun 2021, sampai dengan saat ini 2024, kiranya semakin mengokohkan persatuan antar umat, serta menunjukkan bahwa pasca pencoblosan Pemilu kemarin situasi di Kabupaten Manokwari, tetap harmonis.

“Tidak lain juga adalah untuk bagaimana mencapai penguatan umat beragama, membangun silaturahim diantara seluruh umat dalam satu kesatuan bernegara dan didalam daerah Papua Barat, Manokwari tercinta sebagai daerah religi ini,”Terang Bupati.

Sementara itu, Ketua KKLR Kabupaten Manokwari, H. Ahmad Kuddus,S.T mengatakan bahwa Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Manokwari sangat menyadari fakta kemajemukan Indonesia, Provinsi Papua Barat, khususnya di Manokwari yang adalah kota Religi.

Dari kemajemukan yang luar biasa tersebut, disebutkan Ahmad Kuddus, yang malah menjadikan satu alat pengikat keluarga besar Luwu Raya menjadi kuat dan kompak.

“Saya dibeberapa kesempatan selalu menyampaikan, bahwa di kerukunan keluarga Luwu Raya ini sangat majemuk. Namun dengan kemajemukan itulah yang membuat kita makin kompak, makin besar untuk bagaimana hadir dengan terlibat langsung mengawal keberagamaan di Manokwari,”Ujar Ahmad Kuddus.

Adapun dalam upaya menjaga kerukunan bangsa dan keharmonisan sosial, dalam perhelatan Pemilu Pileg 2024 baik Pemilihan Presiden – Wakil Presiden, DPD RI, DPR-RI, DPRD Provinsi / Kabupaten, disebutkan pula bahwa Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Manokwari mampu menyalurkan hak pilihnya dengan baik, sebagai bentuk mendukung pembangunan di daerah dengan terlibat mengawal pelaksanaan Pesta Demokrasi.

“Hampir semua warga Luwu Raya di Manokwari alhamdulillah menggunakan hak pilihnya dengan baik. Demikian ini juga sesuai instruksi Bapak Bupati Manokwari, agar bagaimana semua kita bisa menjadi warga negara yang baik, untuk terlibat aktif dalam mengawal demokrasi di daerah baik Pemilu dan jelang Pemilukada nantinya,”Sebut Ahmad Kuddus.

Demikian hingga terbukti, bahwa dalam hasil Pemilu Pileg 2024, setidaknya ada dua keterwakilan dari Kerukunan Keluarga Luwu Raya yang berhasil menduduki kursi DPRD periode 2024 – 2029 yaitu, Ahmad Kuddus, S.T, berhasil terpilih sebagai Anggota Legislatif DPRD Provinsi Papua Barat, Daerah Pemilihan (Dapil) Manokwari, dari Partai Golkar, Nomor urut 1.

Selain itu, ada sosok Aswadi, S.I.K, yang juga berhasil terpilih sebagai Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Manokwari Periode 2024 – 2029, Daerah Pemilihan (Dapil) I yang meliputi kelurahan Manokwari Barat, Kelurahan Sanggeng, Kelurahan Wosi, Kelurahan Inggramui, Kelurahan Udopi, dan Kelurahan Tanah Merah Indah, dari Partai Gerindra. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *