DaerahGarda Papua BaratGarda Teluk BintuniRegional

Laksanakan Penyerahan DPA-OPD T.A 2024, Ini Harapan Bupati Teluk Bintuni

TELUK BINTUNI, gardapapua.com — Bupati Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw,M.T, melakukan menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni untuk tahun anggaran 2024.

Pelaksanaan pembagian DPA – OPD ini dilaksanakan bertempat di Ruang Sasana Karya, Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni, pada Kamis (14/3/2024).

DPA-OPD merupakan dokumen yang memuat pendapatan dan belanja setiap OPD yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan seluruh daftar program dan kegiatan selama satu tahun anggaran.

Dimana Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) adalah dokumen yang memuat pendapatan dan belanja tiap OPD yang digunakan sebagai dasar pelaksanaanoleh pengguna anggaran. “Sedemikian pentingnya peran DPA sebagai acuan dan langkah awal bagi masing-masing perangkatdaerah dalam melaksanakan kegiatan dan realisasi belanja, maka kita patut mengapresiasi pengesahan dan penyerahan DPA di hari ini, yang dilaksanakan oleh BPKAD Kab. TelukBintuni,”Ucap Bupati Petrus Kasihiw.

Dalam kesempatan ini, Bupati Kashiw juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni dalam kerjasama dengan pemerintah daerah dalam rangkaian pembahasan dokumen penganggaran mulai dari tahappembahasan KUA dan PPAS sampai penetapan persetujuan bersama Ranperda tentang APBD Tahun 2024.

Bupati Kasihiw berharap, bahwa dengan telah ditetapkan dan diserahkannya DPA bagi masing-masing OPD pada hari ini maka hendaknya dokumen ini dijadikan sebagai pedoman bagi masing-masing OPD untukmelaksanakan kegiatan di tahun anggaran 2024 untuk mewujudkan visi pembangunan yang disesuaikan dengan kondisi daerah.

“Tentu dengan melaksanakan program dan kegiatan sebagaimana yang telah dirancang dan ditetapkan dalam DPA sehingga hasil-hasil pembangunan dapat segera dirasakan oleh masyarakat,”Paparnya

Bupati Kasihiw juga mengingatkan beberapa hal kepada masing-masing kepala OPD selaku pengguna anggaran, yaitu Pertama, agar selalu memegang teguh prinsip pengelolaan keuangan daerahdengan baik, taat pada peraturan perundang-undangan, proporsional, optimal, efektif dan efisien untuk mendatangkansebesar-besarnya kesejahteraan bagi masyarakat.

Kedua, bahwa semua program dan kegiatan yang dilakukan hendaknyamemperhatikan rencana dan prioritas program yang telahditetapkan denganmengedepankan azasmanfaat danberorientasi pada hasil yang seyogyanya dinikmati sebesarbesarnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,terutama agar mampu menjalankan dan menuntaskan kegiatankegiatan prioritas yang menjawab isu-isu penting masyarakatterutama yang berkaitan dengan pelayanan publik, penangananstunting, penanggulangan kemiskinan ekstrim pengendalian inflasi dan penyediaan lapangan kerja sesuai dengan kewenangan dan tupoksi masing-masing.

Ketiga, hendaknya DPA sebagai instrument APBD harus dilaksanakan dengandisiplin baik dalam perencanaan, penatausahaan hinggapertanggung-jawabannya karena dalam penggunaan anggarandaerah kita dipagari dan diatur oleh regulasi yang berlaku sertadipantau, diawasi dan dievaluasi oleh berbagai instansi baikTNI/Polri, Kejaksaan, DPRD, maupun seluruh komponenmasyarakat. Sudah banyak kita saksikan pejabat negara yangditindak oleh karena tidak tepat dalam mengguanakananggaran daerah/negara. Jangan sampai ini juga terjadi padakita. Saya percaya, dengan sinergitas yang optimal di antaraseluruh komponendi daerah ini,maka kita mampumenyatukan langkah dalam melaksanakan sistem keuangandaerah yang transparan, efisien dan akuntabel demimewujudkan pembangunan masyarakat Kab. Teluk Bintuniyang damai, maju, produktif dan berdaya saing.

“Terima kasih untuk setiap dukungan masyarakat terhadap seluruh program pembangunan yang dilaksanakan sepanjang kurang lebih 8 tahun ini. Dengan pemimpin yang baru di masa mendatang, maka pembangunan daerah ini masih akan sangat panjang ke depan. Mari kita dukung dengan sepenuh hati, jiwa, tenaga dan pengabdian kita, Tanah Sisar Matiti pasti maju,”Tukasnya. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *