DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratKPU PAPUA BARATPolitik

Ujung Tombak Pelaksanaan Pemilu di TPS, KPPS se-kabupaten Manokwari Resmi dilantik

MANOKWARI, gardapapua.com — Secara serentak telah dilakukan pelantikan Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KKPS) di seluruh Indonesia. Kelompok penyelenggara pemilihan suara (KPPS) menjadi ujung tombak keberhasilan dan semua kegiatan pelaksanaan Pemilu di lapangan khususnya menjadi penyelenggara di tempat pemungutan suara (TPS).

Adapun di kabupaten Manokwari, prosesi Pelantikan KPPS di laksanakan di lima titik yakni GOR Sanggeng, Balai Diklat Andai, Distrik Tanah Rubuh, Distrik Manokwari Utara dan Lapangan aimasi Prafi, dengan jumlah Anggota KPPS se – kabupaten Manokwari sebanyak 4711.

Distrik Manokwari barat sebanyak 10 PPS, TPS sebanyak 323 dan KPPS 2.261 orang. Distrik Manokwari timur jumlah PPS 7 jumlah TPS 40, KPPS yang dilantik 280 orang, sehingga total kpps yang dilantik di GOR Sanggeng 2541 orang. Selanjutnya distrik Distrik Manokwari Selatan 18 PPS 18, TPS 82, KKPS 574 orang. Distrik Tanah Rubuh PPS 24, TPS 25, jumlah KPPS 175 orang, Distrik Manokwari Utara PPS 23, TPS 23, KPPS 161 orang.

Lalu Distrik Warmare 31 PPS, TPS 41, KPPS yang di Lantik 287 orang. Distrik prafi 16 PPS, 55 TPS, total kpps yang di Lantik 385 orang. Distrik masni 32 PPS, TPS 59, KKPS 413 dan distrik sidey PPS 12, PPS 25 dan kpps 175. Sehingga total PPS di kabupaten sebanyak 173, TPS 673 dan jumlah KPPS 4711 KPPS.

Sementara untuk Distrik Manokwari Barat dan Manokwari timur jumlah KPPS sebanyak 2541, yang pelantikannya berlangsung di GOR Sanggeng, di lakukan oleh ketua KPU Manokwari Kristin Rust Rumkabu, turut di hadiri Bupati Manokwari hermus Indou, Forkopimda, OPD teknis , ketua KPU Papua Barat Bawaslu kabupaten Manokwari serta tamu undangan lainnya.

Ketua KPUD Manokwari Christin Ruth Rumkabu dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelantikan KPPS merupakan tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2024. Pesta demokrasi 14 Februari 2024 merupakan momen penting bagi bangsa dan negara untuk menentukan masa depan bangsa dan negara ini 5 tahun kedepan.

Untuk itu KPU membutuhkan penyelenggara pemilu yang bekerja profesional, independen dan punya integritas yakni Anggota KPPS.

“Kpps adalah ujung tombak, memiliki peran yang strategis. oleh karena itu setelah dilantik dan mengambil sumpah, maka harus bertanggung jawab mengawasi, melaksanakan tahapan penghitungan suara , tahapan pungut hitung dan perolehan hasil tingkat TPS,”Ujar Ketua KPUD Manokwari, Christin Ruth Rumkabu

Kepada Anggota KPPS yang baru saja dilantik, Rumkabu menegaskan, bahwa dalam menjalankan tugas dan fungsi di dasari dengan pakta integritas KPPS.

“Pakta integritas menjadi acuan dalam bekerja , pemilu serentak 2024 dengan banyak aturan baru walaupun ada kpps yang berpengalaman. Tetapi ditahun 2024 ada regulasi yang baru,”Tegas Christin Rumkabu, Ketua KPU Manokwari.
Sementara itu Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya menyampaikan pesan, agar setelah dilantik para Kpps harus siap mengabdikan diri pada pesta demokrasi.

Bupati juga menyampaikan apresiasinya kepada KPU baik kabupaten maupun provinsi Papua Barat yang bekerja secar konsisten setiap tahapan pemilu untuk memastikan proses pemilu di Manokwari berjalan sesuai aturan.

Hermus Indou mengatakan pelantikan Kpps bermakna bahwa adanya pendelegasian wewenang dari pemerintah kepada penyelenggara untuk melaksanakan pemilihan umum 2024.

“Artinya sukses nya penyelenggaraan pemilitahun 2024 sangat di tentukan oleh peran aktif dan kerja profesional dari kpps. Sebaliknya apabila kpps tidak bekerja maksimal maka pemerintah dan KPU akan mengalami kegagalan yang besar. Bupati juga menyampaikan pelantikan yang berlangsung sebagai bukti dari tanggung jawab pemerintah dan KPU memastikan penyelenggara pemilu berjalan sukses, aman lanjacar dan berkualitas,”Ujar Bupati Hermus Indou. [AN/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *