Aspirasi RakyatDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline news

Pemprov Papua Barat Diminta Dukung PWI Papua Barat Hadirkan Sekretariat Permanen

MANOKWARI, gardapapua.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat mendorong Pemerintah Provinsi Papua Barat dapat membangun kantor representatif untuk pers.

“Kita minta dukungan Pemrov Papua Barat,untuk dapat membangun gedung sekretariat permanen bagi pers,” kata Ketua PWI Papua Barat, Bustam kepada wartawan, Kamis (20/9/2023) usai Raker I PWI Papua Barat.

Menurutnya, sekretariat bagi wartawan sangat penting sebagai tempat berhimpun para pekerja pers. Selain itu sebagai tempat untuk meningkatkan kapasitas wartawan di wilayah ini. “Karena selama ini PWI Papua Barat belum memiliki sekretariat permanen. Kami agak kesulitan dalam melaksanakan pelatihan-pelatihan,” katanya.

Dia berharap pemerintah dapat menghibahkan lahan, kemudian dapat melanjutkan pembangunan sekretariat. Berharap bisa masuk dalam APBD Induk 2024.

“Supaya tidak lagi setiap kegiatan kami harus menyewa tempat di luar, yang tentu membutuhkan dana yang tak sedikit. Raker hari ini saja terlaksana atas dukungan dana dari para pengurus dan sejumlah media,” ucapnya.

Pers memiliki peran penting sebagai pilar ke 4 demokrasi. Serta fungsi kontrol jalannya roda pemerintahan. Tak hanya itu dapat mendorong kemajuan daerah dari segala aspek.

“Pers hadir untuk mendukung dan melakukan kontrol terhadap program pemerintah, sehingga bisa benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat. Jadi saya pikir sudah saat PWI Papua Barat dihibahkan pembangunan sekretariat permanen, agar dapat mendukung kerja-kerja pers di Papua Barat,” harapnya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Papua Barat, Amstrong Lucas berharap Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dapat merealisasikan sekretariat permanen untuk PWI Papua Barat, seperti yang pernah dilontarkan saat kegiatan bersama wartawan.

“Beliau janjikan akan menyediakan kantor untuk wartawan. Hingga kini kami masih menunggu, belum terealisasi,” kata dia.

Wartawan CWM ini menegaskan, bahwa wartawan di Papua Barat sudah cukup banyak memberikan kontribusi dalam penyebaran informasi terkait program pemerintah kepada masyarakat. “Jadi tidak salah kalau kami juga meminta dukungan,” pungkasnya. [*/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *