DaerahGarda KaimanaKesehatan

Bukti BPJS Dekat dengan Masyarakat di Kaimana, ‘Berobat Gratis’

KAIMANA, gardapapua.com — Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mendapat beragam respon positif dari seluruh masyarakat. Bukan tanpa sebab, program yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tersebut telah memberikan jutaan manfaat bagi masyarakat yang telah menjadi peserta JKN.

Ketika ditemui Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari dr. Dwi Sulistyono Yudo saat sedang berkunjung di salah satu rumah sakit yang berada di Kaimana dalam rangka melakukan kunjungan langsung guna untuk memastikan apakah peserta BPJS Kesehatan telah dilayani sesuai dengan hak dari peserta.

“Alhamdulillah program JKN mendapatkan respon postif dari peserta BPJS Kesehatan yang sedang rawat inap di rumah sakit, kami terus berusaha memberikan pelayanan yang sangat baik kepada peserta melalui transformasi mutu layanan yang salah satunya adalah pelayanan tanpa biaya tambahan diluar ketentuan,”Ungkapnya pada (6/6/2023).

Gerson Wania (20) salah satu peserta JKN segmen Penerima Bantua Iuran (PBI) yang saat ini berdomisili di Kaimana berbagi cerita pengalaman berharga saat memanfaatkan Program JKN untuk mengobati penyakit Diebetes Melitus tipe satu dan TBC paru aktif.

“Program JKN ini sangat membantu sekali, saya merasakan manfaat JKN ketika harus dirujuk ke salah satu rumah sakit di Timika, dari rumah sakit Kaimana sampai di Timika saya dilayani dengan sangat baik oleh dokter ataupun perawatnya dan tidak adanya perbedaan pelayanan. Kartu BPJS Kesehatan saya yang gratis dari pemerintah, jadi mulai dari puskesmas sampai layanan di rumah sakit saya tidak keluarkan uang sama sekali, semua saya dapatkan gratis,”Tuturnya.

Ia juga mengatakan, bahwa dengan telah terdaftar sebagai peserta yang iuran BPJS Kesehatan dibayarkan oleh pemerintah atau segmen PBI merupakan rezeki yang tidak terduga ia dapatkan.

“Inii rezeki yang saya dan keluarga saya dapatkan, karena sudah mempunyai jaminan kesehatan yang kapan saja ketika sakit bisa digunakan untuk berobat secara gratis. Saya tidak khawatir lagi kalau sakit dan tidak ada uang untuk berobat, cukup tunjukan kartu KIS langsung dapat mengakses layanan kesehatan mulai berobat rawat jalan maupun rawat inap,”Ucapnya.

Sebagai penutup perbincangan, Gerson Wania berharap Program JKN terus berlanjut memberikan manfaat kepada masyarakat seperti dirinya yang tidak mampu atau keterbatasan finasial tetap bisa ikut serta dalam program JKN dan menjadi peserta BPJS kesehatan. Ia berharap Pemerintah Daerah terus meningkatkan kuota PBI agar seluruh masyarakat papua menjadi lebih sehat. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *