DaerahGarda NusantaraGarda Sorong RayaHeadline newsInfo EkobiezNasional

Hasil Penjualan UMKM Tembus Rp. 700 Juta, Pengunjung 8000an, Pj Bupati : ‘Kedepan Kita Angkat Budaya Papua’

SORONG, gardapapua.com — Festival Pesona Tanah Papua (Fespa) tahun 2023, telah berakhir pelaksanaannya. Hasil kolaborasi Cendikiawan Perempuan Papua (CPP) dan Pemerintah Kabupaten Sorong yang dilaksanakan di Gedung ACC Aimas, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya (PBD), pada tanggal 3 – 6 mei 2023, cukup memberikan pengalaman terbaik dalam hal ajang mempromosikan seni, bakat dan produk UMK/UMKM daerah Kabupaten Sorong.

Pelaksanaan kegiatan ini perdana dilaksanakan di wilayah Provinsi Papua Barat Daya (PBD), juga mendapatkan dukungan dari kementerian / lembaga terkait yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Kementerian Investasi /BKPM, serta dukungan para sektor swasta lainnya.

“Kita berterima juga kepada Imigrasi Sorong yang telah berkolaborasi dengan kami panitia dan semua pihak terkait yang telah mendukung peran Pemerintah Kabupaten Sorong, sehingga kegiatan Fespa 2023 suskes terlaksana,”Ucap Ketua Pelaksana Fespa 2023, dr. Rosaline Rumaseuw, M.Kes, dalam laporan panitianya.

Pemerintah, sebut Rosaline yang juga selaku Ketua Umum CPP, bahwa tidak bisa berjalan sendiri butuh dukungan dari banyak pihak.

“Pemda tidak bisa berjalan sendiri untuk mempromosikan kabupaten sorong, atau papua barat daya. Harus banyak tangan yang ikut mensuport dan menjembatani hal itu. Inilah bukti sinergitas, dan komitmen membangun tanah papua,”Ujarnya

Dia juga sampaikan bahwa dari selama empat hari pelaksanaan, diakuinya berdasarkan laporan panitia target penjualan atau pemasukan dari produk UMK /UMKM yang dijajakan sangatlah luar biasa.

“Dari LO panitia kami mengontrol pemasukan atau merekap seluruh hasil penjualan dari stand – stand UMK/UMKM. Untuk hari pertama itu tembus Rp. 189.200.000,-. Terdiri dari Rp. 127 juta Rupiah untuk UMKM kering dan dari UMKM basah Rp. 60.200.000,-. Hari kedua untuk UMKM hasil pemasukan berada di angka Rp. 153.250.000,-. Terdiri dari produk UMKM kering Rp. 74.300.000,- dan Basah Rp. 78.950.000. Selanjutnya di hari ketiga UMKM kering Rp. 97.574.000, dan UMKM basah Rp. 88.575.000. Dan hari keempat sampai pada pukul 17.00 wit, total berkisar Rp. 130.450.000,-. Jadi empat hari penjualan atau pemasukan berada pada nilai Rp. 650.050.000,-,”Terangnya

“Dan total kunjungan per orang yang datang melihat dan berbelanja produk UMKM, serta menikmati pelaksanaan Fespa 2023 ini totalnya berkisar 8000an orang, terdiri dihari pertama ada 4ribuan, hari kedua dan ketiga ada 2ribuan. Dimana cara perhitungannya, berdasarkan gelang tangan bernomor yang dibagikan kepada masyarakat saat masuk berkunjung di area Fespa 2023,”Sambung Rumaseuw

Rumaseuw berharap, melalui dasar yang telah dilakukan pihaknya, kedepan pelaksanaan Festival seperti ini terus digiatkan dalam konsep – konsep pelaksanaan yang lebih baik lagi, dan berkolaborasi dengan semakin banyak pihak untuk memajukan Kabupaten Sorong.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sorong, Yan Piet Mosso, mengakui bahwasannya Event ini menjadi signal tumbuhnya investasi di kabupaten sorong. Selain itu, menjadi cikal bakal, kedepan akan lahir event – event yang lebih meriah dilaksanakan dengan mengakat budaya papua.

“Event ini juga memberikan corong untuk ekonomi tumbuh dan signal investasi di kabupaten sorong akan terbuka. Jadi kalau sebagaimana laporan ketua panitia baru 3 hari dan stengah hari di hari keempat saja pelaksanaannya sudah menembus Rp. 700 juta rupiah. Ini luar biasa. Sehingga kedepan kalau bisa dan kita harap tahun depan, kita buat dalam bentuk festival budaya papua dari Suku Moi,”Terang Pj. Bupati Yan Piet Mosso.

Menjadi harapannya, dengan kolaborasi yang telah terwujud, maka kedepan akan lahir ide dan gagasan yang lebih besar untuk mengembangkan minat dan bakat para generasi millenial, serta peningkatan pemberdayaan UMKM yang semakin unggul melalui kecepatan digital.

“Fespa ini merupakan kolaborasi antara CPP dan Pemerintah Kabupaten Sorong. Kami mengapresiasi semua pihak yang telah hadir dalam kesempatan menyukseskan rangkaian acara ini. Baik dari kementerian / lembaga terkait. Juga para designer, fotografer, para seniman, serta model dari mancanegara, ibukota dan tanah papua yang telah hadir bersama – sama selama hari berturut – turut,”Ujarnya

“Melalui momentum Event Fespa 2023 ini juga, diharapkan sumber daya yang kita miliki ditanah papua ini dapat semakin dilirik pertumbuhannya oleh para investor. Intinya melalui event ini kami ucapkan banyak terima kasih Fespa 2023 telah sukses terlaksanakan,”Tutup Pj. Bupati. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *