DaerahGarda KaimanaGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsNasionalPolitikRegionalSudut Pandang

Teluk Etna di Dorong Jadi Kabupaten, Kaimana dan Fak- Fak Masuk DOB PBD ?

KAIMANA, gardapapua.com — Wilayah Teluk Etna sebuah distrik di kabupaten Kaimana, Papua Barat disebut akan diusulkan menjadi sebuah DOB Kabupaten.

Sementara Kabupaten Kaimana yang merupakan kabupaten induk, serta kabupaten Fakfak diwacanakan akan bergabung dengan DOB Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

” Jadi dengan semangat UU Otsus nomor Tahun 2021, element masyarakat secara berbondong bondong membentuk Tim untuk mendorong Daerah Otonomi Baru (DOB), disitu ada Bupati Fakfak dan Kaimana dan dua bupati mengusulkan untuk nanti terbentuk lagi DOB Provinsi Bomberay. mungkin saja ada pertimbangan oleh negara lain. sehingga diterimalah lebih dulu draft dokumen dari Papua Barat Daya (PBD) yang sudah 15 tahun mengusulkan itu oleh pemerintah,”Ujar Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn), Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, kepada Pekerja Pers saat berada di Kaimana membuka Rakerda Diklat HIPMI belum lama ini.

Dari penuturannya dimungkinkan bahwa nanti ada dua Provinsi nantinya di Papua Barat.

“Yang paling penting, sehingga sebagai anak kaimana saya mengatakan Kaimana dan Fakfak bergabung dengan PBD dulu, untuk selanjutnya kita bentuk DOB kabupaten kabupaten lain agar bisa memperpendek pelayanan pemerintahan. sehingga dampak pembangunan dari segala sektor dapat menyentuh secara baik turun dan mengenai masyarakat, itu mungkin yang penting dulu, kalau hanya dua provinsi ini,”Ujar Paulus Waterpauw

Masih pada wacana pembentukan DOB, disebutkan juga bahwa untuk Kaimana telah dibicarakan agar Teluk Etna bisa dimekarkan menjadi DOB Kabupaten.

“Dan ini juga saya katakan Etna dapat diusulkan jadi kabupaten,”Singkatnya.

Adapun pertimbangan lain sehingga harapan menjadi provinsi Bomberay, mungkin saja bisa disetujui, Lanjut dipaparkan Pj. Gubernur Papua Barat, bisa saja pada jumlah penduduk dan juga bisa saja pada pendapatan fiskal.

” Semua ini mungkin yang menjadi pertimbangan negara, sehingga lebih kepada pembentukan provinsi Papua Barat Daya, sekarang jumlah pendidikan Kaimana diatas 60 jiwa, Fakfak hampir 100 jiwa, dan sebagai anak Kaimana, membicarakan Fak- Fak dan Kaimana mendorong ke Papua Barat, garis pantai kita itu lurus dengan Sorong, ada juga raja raja,”Imbuhnya.

Senada, Freddy Thie selaku Bupati Kaimana, membenarkan dan mendukung penuh semangat DOB oleh Masyarakat, dan beberapa wacana yang diharapkan dapat sementara waktu akan terealisasikan.

“Apa yang di katakan pak Gub itu benar, beliau sampaikan usulan itu dalam rapat dengan Komisi dua DPR RI di Swiss belthotel di Manokwari, jadi ini baru wacana, masih ada pertemuan pertemuan kedepan,”Terang Kaibus (sapaan akrab Bupati).

Terkait dengan putusan, ditambahkan bahwa nanti masih ada pertemuan pertemuan lanjutan untuk menindaklanjuti semangat DOB.

“Nanti ada survei yang dilakukan mendengarkan secara langsung keinginan masyarakat, kalau mereka bilang ke Papua Barat daya, atau ke Papua Barat, semua itu ada dikeputusan bersama rakyat,”Katanya. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *