Kerangka Usulan Pembangunan Telah Diserahkan, Yohanis Momot : ‘Kita Segera Lakukan Pengecekan Lapangan’

MANOKWARI, gardapapua.com — Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua Barat, Yohanis Momot,ST.,MT, menyebutkan bahwa kerangka usulan dalam rangka percepatan pembangunan dan penataan wajah ibukota Provinsi Papua Barat, Kabupaten Manokwari, telah diserahkan ke pemerintah pusat.

Hal itu berdasarkan hasil pertemuan langsung dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono M.Sc, bersama tim percepatan pembangunan infrastruktur Manokwari, yang diketuai Bpk. Raymond Yap, pada Senin (1/8/2022) di kantor Kementrian PUPR di Jakarta kemarin.

Kesempatan itu, Pj Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw M.Si, juga hadir dan didampingi oleh Bupati Manokwari, Hermus Indou, Kepala Bappeda Papua Barat Dance Sangkek, dan beberapa kepala OPD teknis terkait lainnya.

Tentu tak lain adalah untuk mengkoordinasikan, membina, dan mengawasi pelaksanaan kebijakan pengelolaan pembangunan gedung, penataan bangunan dan lingkungannya di lintas kabupaten/kota, khususnya di Kabupaten Manokwari, sebagai ibukota provinsi papua barat dapat berjalan maksimal.

“Jadi mempercepat pekerjaan yang telah di setujui oleh menteri PU, kami dari dinas PU provinsi papua barat dan PU kabupaten manokwari akan segera mengadakan pengecekan lapangan menenentukan detail pekerjaan dan lokasi setiap pekerjaan yang telah disetujui. Hal ini dimaksudkan agar nantinya menjadi masukan kembali bagi pihak kementrian PU dalam mengambil langkah – langkah awal dan keputusan dalam pekerjaan fisik,” Ucap Yohanis Momot, kepada media ini kala dimintai tanggapannya, selasa (2/8/2022).

Disebutkan Momot, setidaknya ada 6 usulan rencana strategi (Renstra) pembangunan infrastruktur di Manokwari. Dan beberapa diantaranya langsung mendapatkan persetujuan awal atau dukungan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Dr.Ir. M. Basuki Hadimuljono M.Sc.

Sehingga terhadap pelaksanaan usulan dan implementasi kebijakan tersebut diharapkan dukungan semua pihak serta lapisan Masyarakat.

“Tentunya kalau pembangunan ini mau berjalan dengan baik, maka sudah tentu dibutuhkan peran serta dan dukungan lapisan masyarakat dan pihak – pihak terkait, serta dukungan pemerintah pusat,” Tukasnya.

Sekedar diketahui, usulan – usulan yang disetujui oleh Menteri PUPR antara lain, rencana pembangunan jalan alih trase Bandara Rendani -Wosi sepanjang 1,4 km.

Pembangunan dan peningkatan alih trase jalan Drs Esau Sesa – Maruni sepanjang 1,9 km. Penataan pasar sentral Sanggeng Manokwari yang merupakan usulan Bupati Manokwari. Dimana direncanakan akan dibangun gedung dengan 4 tingkat serta luas bangunan 31.000 meter persegi. Serta pembangunan ruang terbuka publik di sekitar area lapangan Borarsi Manokwari seluas 1,6 hektar. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *