DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsLingkungan dan HAMNasionalSudut Pandang

Peringati Hari Mangrove Sedunia 2022, Forum Kompak Papua Barat Ajak Semua Pihak Berpartisipasi Tanam Mangrove

MANOKWARI, gardapapua.com — Dalam rangka memperingati hari Mangrove Sedunia yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 26 Juli, beberapa relawan yang tergabung dalam Forum Kompak (Komunitas pecinta alam dan kemanusiaan), Provinsi Papua Barat, mengajak semua pihak untuk bersama dapat kembali melakukan aksi sosial penanaman kembali bibit Manggrove di beberapa titik wilayah di bibir pantai, Kabupaten Manokwari.

Seperti diketahui, bahwa Peringatan ini diproklamasikan oleh UNESCO sejak tahun 2015 untuk menyuarakan penolakan terhadap penebangan mangrove yang semakin meningkat.

Selain itu, peringatan ini dapat meningkatkan kesadaran dalam mengelola ekosistem mangrove yang berkelanjutan.

Forum Kompak (Komunitas pecinta alam dan kemanusiaan) sendiri untuk diketahui adalah kumpulan kelompok Masyarakat yang bergerak terhadap aksi pelestarian lingkungan dan kemanusiaan, diinisiasi oleh beberapa orang kelompok ini rutin melakukan kegiatan penanaman mangrove setiap tahunnya, khususnya untuk wilayah Manokwari Papua Barat.

Gerakan ini mulai dipatenkan pada tahun 2019. salah satu Inisiator Toto Rizqi menjelaskan kepedulian terhadap pelestarian alam, khususnya mangrove bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga menjadi tanggung jawab Masyarakat, karena yang akan menerima manfaatnya juga Masyarakat sendiri, khususnya Masyarakat yang tinggal disekitar habitat mangrove.

Kegiatan penanaman sendiri sebenarnya sudah dimulai dari lama tahun 2012an dimana saat itu para relawan sudah mulai melakukan penanaman dibawah bendera Forum pengurangan risiko bencana Manokwari. namun sifatnya masih bergabung dengan programnya Lembaga donor, setelah program berakhir aktifitas penanaman sempat berhenti, makanya dimualilah inisiatif mengumpulkan relawan-relawan untuk melakukan gerakan bersama.

Adapun hingga kini sumber anggaran nya dari patungan relawan dan juga sumbangan beberpa donatur yang masih peduli terhadap kegiatan sosial dan lingkungan.

Sumbangan relawan beragam Mulai dari 2 sampai puluhan koker kita kumpulkan, kalau hitungan sudah cukup kita atur strategi merencanakan kegiatannya, bahkan ada siswa SD yang menyimpan uang jajan nya untuk berdonasi.

“Bersyukur Masyarakat juga mendukung dan merawatnya, terbukti yang ditanam tahun 2019 dengan panjang bibit sekitar 40cm, sekarang sdh tumbuh sekitar 1m,” Cetus Toto Rizqi, kepada media ini (8/7/2022).

Dirinya pada kesempatan itu mengajak kepada seluruh Masyarakat, ormas dan komunitas yang memiliki kepedulian yang sama mari berkolaborasi, dengan cara berdonasi bibit atau bergabung menjadi relawan penanaman sebagai sarana wisata edukasi untuk keluarga.

” Kolaborasi tanam 4 ini kami ambil thema Kolaborasi Bersanding tidak bersaing merangkul tidak memukul. Dan setiap tahun themanya akan kita sesuaikan. Untuk informasi lanjut Silahkan berkomunikasi dengan koordinator kegiatan Toto Rizqi 085244332204,”Cetusnya. [AK/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *