SAH !! Paulus Waterpauw Dilantik Jadi PJ Gubernur Papua Barat

JAKARTA, gardapapua.com — Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kementerian Dalam Negeri, Komjen (Purn) Paulus Waterpauw, sah menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Periode 2022 – 2024.

Hal itu pasca Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, telah resmi melantik dirinya bersama para Penjabat (Pj) gubernur lainnya di wilayah Empat (4) provinsi di Indonesia. Pelantikan tersebut diselenggarakan di Ruang Sasana Bhakti Praja, Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, pada Kamis (12/5/2022).

Kelima penjabat gubernur yang dilantik tersebut masing – masing bertugas di Provinsi Papua Barat, Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dalam sambutannya mengatakan bahwa kepada para Pejabat Gubernur di lima (5) Provinsi yang terpilih tersebut haruslah mampu menjaga elektebilitas keamanan didaerah, dan membangun sinergitas serta menyukseskan jalannya pemerintahan di daerah serta segala tahapan hingga Pemilu serentak 2024 mendatang.

Tito melanjutkan, bahwasannya penetapan kelima (5) pejabat gubernur termasuk di Wilayah Papua Barat ini telah berdasarkan peraturan perundangan berlaku, serta telah sesuatu dengan kualifikasi sebagaimana diperuntukan.

“Pelantikan Pj Gubernur di lima provinsi dihari ini semua karena TUHAN Yang Maha Kuasa. Proses pelantikan yang dilalui telah berdasarkan undang – undang, baik itu UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada, dimana didalamnya tertuang amanah tentang menyukseskan jalannya pemerintahan dan Pemilu, Pilkada Serentak tahun 2024. Selain itu, penetapan nama – nama Pj. Gubernur ini telah berdasarkan proses pengusaha nama – nama calon baik berasal dari dalam kelembagaan pejabat eselon I dan masukkan dari Tokoh – tokoh adat, Masyarakat di daerah yang kemudian di ajukan ke bapak Presiden kemudian di sahkan dalam sidang penetapan,”Ujar Mendagri, Tito Karnavian, dalam sambutannya.

Adapun daftar nama selain Paulus Waterpauw yang dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Barat, adalah Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, diangkat menjabat sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, diangkat menjabat Pj Gubernur Sulawesi Barat, Sekda Banten Al Muktabar, diangkat menjabat sebagai Pj Gubernur Banten, dan Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga, Hamka Hendra Noer, menjabat sebagai Pj Gubernur Gorontalo. [RF/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *