Pangdam dan Kapolda ‘Dampingi Gubernur Resmikan RSUD Provinsi Papua Barat

MANOKWARI, gardapapua.com — Walau bertype C, namun Provinsi Papua Barat patut berbangga karena telah resmi memiliki Layanan Fasilitas Kesehatan (Faskes) rujukan yang berada di tengah kawasan Ibukota Provinsi, Manokwari.

Dalam peresmiannya, terpantau jalannya kegiatan tersebut berlangsung penuh rasa syukur dan hikmat. Dimana turut dihadiri jajaran Forkopimda, antara lain Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., dan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing, yang nampak kompak hadir mengikuti dan mendampingi langsung Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, dalam agenda peresmian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Papua Barat, yang diselenggarakan, pada senin (9/5/2022).

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meresmikan gedung tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti, pembukaan selubung papan nama dan pelepasan balon ke udara dilanjutkan peninjauan gedung RSUD Papua Barat.

Dengan hadirnya RSUD ini diharapkan hak masyarakat untuk dapatkan pelayanan kesehatan yang layak dapat dipenuhi. Gubernurpun berharap RSUD yang sekarang status tipe C berharap akan ditingkatkan statusnya jadi tipe B.

RSUD ini berada di Ibu kota Propinsi Papua Barat, pembangunan dimulai semenjak tahun 2015 dan baru rampung dan diresmikan tahun ini.

“Berikan pelayanan yang terbaik dan pelihara bangunan ini,” Pesan Gubernur.

Sementara untuk di ketahui, jikalau Pembangunan RSUD Papua Barat ini dalam pelaksanaannya menghabiskan total anggaran lebih dari Rp.436 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Otto Parorongan dalam laporannya, Senin (9/5/2022) menyampaikan, bahwa pembangunan RSUD Provinsi Papua Barat dianggarkan sejak tahun 2015 hingga 2021.

“Anggaran bersumber dari APBD Papua Barat. Dimana pembangunan RSUD Papua Barat yang dilakukan secara bertahap tersebut dibangun pada lahan tanah seluas 14.406 Hektar,” Paparnya

Otto mengatakan, bahwa dengan telah diresmikan dan beroperasinya RSUD tersebut, diharapkan kedepannya pemerintah daerah akan terus berupaya meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan kepada Masyarakat, secara merata. [SY/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *