Intensitas Curah Hujan di Manokwari Tinggi, Ini Pesan Satlantas Polres Manokwari Bagi Pengendara

MANOKWARI,gardapapua.com — Intensitas curah hujan di wilayah Manokwari sedang tinggi di penghujung tahun 2021. Tentunya kondisi seperti ini harus menjadi perhatian bagi setiap pengemudi kendaraan bermotor agar tetep aman dan nyaman selama di perjalanan.

Terkait itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Manokwari mengimbau masyarakat khususnya pengendara bermotor agar tetap mengutamakan keselamatan di jalan.

“Selain karena jarang pandang yang terbatas, pengemudi juga harus memperhatikan batas kecepatan kendaraan saat berkendara dalam kondisi hujan. Tentunya permukaan jalan akan licin saat hujan, untuk itu jangan sekali-kali memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, karena akibatnya bisa sangat berbahaya,” ujar Kapolres Manokwari AKBP Dadang Kurniawan Winjaya melalu Kasat Lantas Iptu Subhan S. Ohoimas, Rabu (22/12/2021).

Ia mengatakan, batas minimum ketika berkendara di musim hujan dan jalan licin, yakni 30 km per jam dan maksimum mencapai 50 km per jam. Dengan jarak aman antar kendaraan bisa minimal 3 sampai dengan 5 meter.

“Dimina hal ini disebabkan dapat memungkinkan kita melakukan alselerasi ketika terjadi perubahan gerak kendaran yang ada di depan kita mengingat dalam kondisi hujan, kita tidak dapat melakukan pengereman secara maksimal akibat kondisi jalan badan atau licin;”Jelas Subhan.

Selain jarak dan kecepatan khusus kendaraan sepeda motor tambahnya, sebaiknya gunakan mantel hujan dengan model baju dan celana sehingga lebih aman ketika mengendarai kendaraan.

“Ayo berkendaraan dengan aman ketika hujan demi keselamatan kita bersama,”Ucap Subhan dalam siaran pers yang diterima media ini. [*/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *