Bersama PLN, Pemkab Tambrauw Siap Dukung Percepatan Pembangunan Kelistrikan 

TAMBRAUW, gardapapua.com —Pemerintah Kabupaten Tambrauw siap berkerja sama untuk bersinergi memastikan ketersediaan pasokan listrik industri khususnya dalam peningkatan ekonomi di daerah tambrauw.

Tambrauw pun sdah menjadi kabupaten konservasi dengan mengedepankan pengembangan sektor listrik melalui energi baru terbarukan. Karena energi menjadi salah satu faktor terpenting untuk mendongkrak perekonomian daerah.

“Infrastruktur yang baik menjadi prioritas kabupaten ini untuk menjamin kelancaran operasional dan pengembangan perekonomian industri. Maka dibutuhkan sinergitas antara pemkab dengan stakeholder seperti BUMN termasuk PLN terkait kebutuhan energi listrik di tambrauw. Sehingga, pemerintah daerah secara rutin memberikan informasi kepada PLN terkait kebutuhan listrik, dengan harapan pertumbuhan investasi tidak terkendala,”Kata Gabriel Asem, Sabtu (25/09).

Dijelaskannya, Pemda Kabupaten Tambrauw bertugas menarik minat investor masuk sehingga perlu memastikan ketersediaan listrik di wilayahnya aman dan mencukupi kebutuhan industri.

”Koordinasi ini harus terus dipelihara. Kalau ada kesulitan lahan, kami harus berperan membantu, termasuk dalam rencana kedepannya pembangkit yang ramah lingkungan seperti PLTMH, PLTS dan PLTA. Ini program kami dalam komitmen menjaga Tambrauw yg hijau dan menjaga kelestarian alam. Saat ini kami sudah ada PLTM Warabiai kondisinya telah beroperasi melayani berkapasitas 250 kW,”Tutur Gabriel Asem.

Sementara itu, Manager PT PLN (Persero) UP3 Manokwari, Roberth Rumsaur menyatakan, pihaknya akan berupaya mengejar target pemerataan kelistrikan mencapai 100 persen di wilayah kerjanya.

“Sinergi Pemerintah Daerah dalam desa-desa yang belum berlistrik serta program pembangunan industri perekonomian di tammbrauw kami siap dukung. Sehingga bilapun kedepannya pelaku usaha atau calon investor yang akan masuk ke daerah layanan kami akan merasa terjamin kebutuhan listriknya.”Tegas Roberth

“PLN sangat berperan dalam penyediaan listrik untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan peningkatan elektrifikasi. Beberapa potensi daerah di wilayah kerja UP3 Manokwari,dimana desa dan distrik di Tambrauw memiliki potensi besar dalam pembangkit energi baru dan terbarukan seperti sungai, air terjun dan cahaya matahari,”Tambah Roberth Rumsaur. [Tim/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *