Resmikan Model Sekolah Alam TK PAUD, Pj. Sekda Sorsel Kagum Metode Belajar Pengenalan Alam

TEMINABUAN, gardapapua.com — Pj.Sekda Sorong Selatan Dance Nauw,SP.,M.Si, sabtu (28/8), melaunching pengembangan model sekolah alam untuk anak usia dini pada distrik Wayer bertempat dikampung Waigo Distrik WayerKabupaten Sorong Selatan, Papua Barat.

Hadir dalam acara ini Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Setda Sorong Selatan HM Aris,SKM, Kepala Distrik Wayer Yumias Kaisala, perwakilan Dinas Kesehatan Sorong Selatan, perwakilan Dinas Pendidikan, dan BKPSDM Sorong Selatan, serta sejumlah Kepala Kampung, serta para siswa/siswi TK PAUD.

Pj. Sekda Sorong Selatan Dance Nauw,S.P,M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa dirinya sangat mengagumi inovasi pendidikan metode pengenalan alam yang telah diwujudkan adalah hal luar biasa. menurutnya, sekolah alam anak usia dini sekolah dilakukan mulai dari anak usia dini sehingga anak – anak harus diajar bagaimana mereka mengenal alam dan lingkungan.

“Saya berharap kalau boleh sekolah ini dapat dikembangkan dan menampilkan potensi alam diwilayah Waigo dan bagaimana memperkenalkan lingkungan sekitar distrik Wayer,”Ungkapnya

Dimana hal ini adalah inovasi yang mengarahkan anak-anak agar mereka dapat mengetahui dan mengimplementasikan dalam situasi pandemi Covid 19 ini dengan dibatasi pendidikan tatap muka inovasi ini akan menjadi alternatif bagi anak-anak TK/PAUD.

“Saya berharap Inovasi yang diprogramkan hendaknya merupakan hal-hal baru yang perlu dikembangkan, dan menjadi muatan yang harus didorong pada OPD terkait,”Harapnya

Dengan inovasi ini, Terang Pj. Sekda dapat menjadi masukan bagi pihak pemerintah dan semoga inovasi ini dapat berlanjut menjadi kerja –kerja nyata dalam pelayanan ditengah masyarakat.

Sementara itu, Frengky Mickel Susim,S.Sos, selaku Plt.Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada Badan Pemberdyaan Masyarakat dan Kampung Sorong Selatan yang merupakan pengagas Inovasi menjelaskan bahwa sasaran kegiatan ini adalah kepada masyarakat dan anak-anak kampung Waigo,Bagaraga distrik Wayer Kabupaten Sorong Selatan.

Dirinya menambahkan bahwa kegitan ini bertujuan jangka pendek adalah terbentuknya dua sekolah alam anak usia dini didistrik Wayer Kabupaten Sorong Selatan, menumbuhkan kembali kesadaran dan kecintaan anak-anak dan masyarakat kampung Waigo dan kampung Bagaraga distrik Wayer untuk kelestarian lingkungannya. memberikan kesadaran kepada masyarakat dan anak tentang pentingnya melestarikan air bersih dan sumber daya air untuk menjaga kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat [PHBS] dan mengkonsumsi pola makan gizi seimbang, serta memberikan pemahaman dan keahlian tentang pengelolaan kerajinan tangan kreatif berbahan alam tararium dari bahan –bahan yang disekitar seperti botol bekas dll.

Senada oleh Kepala Distrik Wayer kabupaten Sorong Selatan Yunias Kaisala menyampaikan, bahwa apresiasi dan menyatakan dukungan kepada Plt.Kabid pemberdayaan masyarakat Frengki Michael Susim S.Sos. yang telah memprogramkan inovasi pengembangan model sekolah alam untuk anak usia dini pada distrik Wayer.

Dalam launching ini juga digelar prosesi pemotongan pita sekolah alam dan dilanjutkan dengan pelepasan balon gas sebagai tanda pernyataan komitmen dan dukungan serta peresmiaan model sekolah alam anak usia dini oleh Pj.Sekda Sorong Selatan Dance Nauw,SP,MSi, disaksikan kepala distrik, kepala kampung dan siswa – siswi TK/PAUD. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *