DaerahGarda KaimanaGarda Papua BaratUncategorized

Masuk 300 Besar Desa Wisata, Bupati Kaimana Minta Dukungan Masyarakat Tunjang Namatota

KAIMANA, gardapapua.com — Kampung Namatota dalam masa pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Kaimana, Freddy Thie – Hasbullah Furuada, berhasil masuk 300 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021, dari 1.831 kampung, pada ajang tersebut.

Sebelumnya kampung Namatota, kampung Mai-mai, kampung Foromajaya dan kampung Lobo, juga dipersiapkan oleh pemerintah Kabupaten Kaimana untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Namun dari empat kampung tersebut hanya kampung Namatota resmi terdaftar untuk dilombakan pada tanggal 15 Juli 2021 lalu.

Masuknya kampung Namatota sebagai 300 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021, Kepala Kampung Namatota, Bakri Ombaier, meminta kepada pemerintah daerah Kaimana, untuk melengkapi fasilitas guna menunjang program wisata di Namatota.

“Saya minta kepada bapak Bupati, untuk melengkapi fasilitas. Agar titik mana yang perlu dibangun, misalnya tempat sampah guna menunjang pembangunan kampung wisata Namatota,”Jelasnya

Selaku kepala daerah kata Freddy Thie selaku Bupati, tanggal 15 Juli 2021 lalu, telah menandatangani surat keputusan Bupati, nomor 430/82/VII tahun 2021, tentang penetapan empat kampung di Kaimana, untuk mengikuti ajang lomba kampung wisata.

“Puji syukur kepada Tuhan tadi malam saya dapat berita, yang ikut ajang lomba kampung wisata tingkat nasional ada 1831 kampung. Puji Tuhan, kampung Namatota masuk 300 besar atau top 300. Selanjutnya akan menuju top 100 hingga top 50 besar,”Ungkap Bupati Kaimana Freddy Thie di Kampung Namatota, Kamis (19/8).

Dikatakan Bupati, pemerintah daerah sangat berharap kampung Namatota keluar sebagai pemenang, pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Walau demikian, jika nantinya tidak terpilih sebagai pemenang, pemerintah daerah Kaimana, akan mempersiapkan kampung Namatota pada ajang kampung wisata tingkat nasional.

“Untuk kampung Namatota, pada tingkat Provinsi Papua Barat, bersaing dengan 5 kampung lain. Tiga kampung berada di Raja Ampat, satu kampung di kabupaten Manokwari dan satu kampung di kabupaten Fakfak,”Katanya

Advertorial Dinas Kelautan Kaimana

Dengan masuknya kampung Namatota sebagai 300 besar, pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021.

Bupati meminta masyarakat Namatota, untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah Kaimana. Serta menyambung kembali tali silaturahmi yang sempat terkoyah saat Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

“Sebagai kepala daerah menghimbau kepada kita semua, Pilkada tanggal 9 Desember 2020 telah usai,”Ujarnya

“Hari ini Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Kaimana, mungkin kemarin-kemarin diantara kita tidak enak hati. Namun dengan hadirnya saya selaku Bupati Kaimana, saya minta buat basudara semua disini untuk memberikan senyum,”Tambahnya

Hadir dalam kegiatan ini Danyon 764 Iamba Baua Letkol Infanteri Dwi Dipoyono, Kepala Dinas Pariwisata Kaimana Usman Fenetiruma, Raja Namatota Randi Asnawi Ombaier, pimpinan IPN, kepala kampung Namatota, Bakri Ombaier dan tokoh Agama. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *