Hadiri Muswil III KAHMI, Gubernur Papua Barat dan Bupati Manokwari Sampaikan Hal Ini

MANOKWARI, gardapapua.com — Gubernur Papua Barat, melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Muhammad A. Tawakkal, membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) III Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Manokwari, Papua Barat. Hadir dan turut mendampingi Bupati Manokwari, Hermus Indou, pada kesempatan itu, Sabtu (14/8/2021).

Dalam pelaksanaannya pembukaan Muswil III Korps Alumni KAHMI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Papua Barat, ditandai dengan momentum penabuhan tifa secara bersama. Adapun pelaksanaan kegiatan Muswil ini dengan menerapkan dua metode. Yakni pertemuan terbatas, dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat yang dilaksanakan bertempat di Swissbell – Hotel Manokwari, dan melalui via aplikasi Zoom (Virtual), diikuti para peserta dari Majelis Daerah, Pengurus, dan Pembina KAHMI.

Dimana tujuan kegiatan ini diharapkan, hasil Muswil KAHMI ketiga (III) Papua Barat, bisa menjadi momentum mempererat silaturahmi sesama anggota alumni, serta mampu memberikan pandangan dan saran pembangunan kepada pemerintah daerah.

Hal ini sesuai anggaran dasar HMI pada pasal empat (4) yakni Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah Subhana wata’ala.

“Muswil ini harus jadi bagian untuk mempererat silaturahmi, semakin kompak. Di sinilah nanti kita sampaikan niat dan tujuan sumbangsih kepada Pemerintah di tengah masyarakat dan umat serta membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat. Yakin Usaha Sampai,”Ungkap Koordinator Presidium KAHMI Manokwari Papua Barat, H. Syahruddin Makki,SP.

Dalam sambutannya, Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan, yang disampaikan melalui Staf Ahli Gubernur Provinsi Papua Barat Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Muhammad A. Tawakkal, menegaskan, bahwasannya dedikasi dan pengabdian kepada bangsa dan negara dalam pelaksanaan Muswil III KAHMI Papua Barat yang telah dilaksanakan ini diharapkan dapat selaras dengan tema :”Gelorakan semangat intelektual KAHMI dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan menuju Masyarakat Madani” yang mana dalam implementasian kiranya dapat berjalan seiring dengan kebijakan pembangunan daerah Provinsi Papua Barat.

“Inilah salah satu Visi – Misi Pemerintah Provinsi Papua Barat kedepan. Saya tambahkan sedikit, kiranya dalam Muswil yang akan menentukan kepengurusan baru dan kemudian program – program yang akan dilaksanakan agar mohon dalam program tersebut senantiasa bersinergi dengan pemerintah provinsi papua barat dan pemerintah di kabupaten – kabupaten yang ada di seluruh wilayah Pemerintahan Provinsi Papua Barat, sehingga keberlanjutan pembangunan kita bisa cepat berkembang, “Ungkap Staf Ahli M. Tawakal mewakili Gubernur Papua Barat.

Sementara itu, Bupati Manokwari, Hermus Indou berharap Muswil ini bisa menghasilkan yang terbaik bagi KAHMI baik di daerah dan nasional, serta menjadi wadah konsolidasi seluruh anggota KAHMI di Wilayah Papua Barat.

Dimana melihat pelaksanaan Muswil III ini, Pemerintah Kabupaten Manokwari berpendapat bahwa eksistensi KAHMI sebagai salah satu Organisasi Islam di Provinsi Papua Barat, haruslah dapat memperkuat eksistensinya agar mampu bersinergi dengan Ormas – Ormas lainnya. Sinergitas lainnya juga haruslah tumbuh dan mengakar di hati seluruh elemen masyarakat ditengah keberagamaan dan kemajemukan.

Menurut Bupati, Manokwari yang adalah salah satu daerah Miniatur peradaban di Indonesia sudah seharusnya seluruh pergerakan Organisasi di daerah ini harus mampu untuk menjaga dan merawat tali persatuan, yang merupakan rahmat dan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itu, kiranya menjadi nilai – nilai peribadatan kepada Tuhan yang maha kuasa.

“Kami harap kegiatan Musyawarah Wilayah (Muswil) III KAHMI Papua Barat mampu melaksanakan fungsinya dengan baik untuk menjadi Forum pengambil langkah keputusan yang terbaik dalam menentukan KAHMI Provinsi Papua Barat. Sekaligus dapat merumuskan Program kerja KAHMI yang diharapkan dapat bersinergi dengan seluruh Ormas Islam lainnya tetapi juga dengan Pemerintah Daerah baik tingkat Provinsi Papua Barat, dan secara khusus Kabupaten Manokwari,”Ungkap Bupati Hermus Indou

Dimana kiranya menjadi penguat semangat kader KAHMI dalam meneruskan cita – cita HMI serta ikut mewujudkan masyarakat adil dan makmur. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *