Tim Asistensi Korlantas Polri Tinjau ETLE Polda Papua Barat, Begini Penilaiannya

MANOKWARI, gardapapua.com — Dalam rangka meninjau langsung kesiapan pemberlakuan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di Kota Manokwari, Papua Barat, Tim Asistensi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mendatangi Polda Papua Barat.

Dalam kunjungan ini, tentu untuk melihat langsung sarana dan prasarana, seperti dukungan jaringan dan kesiapan server sesuai kebutuhan standarisasi yang telah diperuntukan.

Adapun pembukaan secara singkat bertempat di ruang RTMC DitLantas Polda Papua barat, Jumat (13/8/2021) dan langsung dilanjutkan dengan peninjauan lapangan. Dalam peninjauannya, survei lapangan pengecekan lokasi kamera ETLE dan kondisi perangkat kamera ETLE bertempat di jalan Trikora Wosi, Manokwari, Papua Barat.

Mewakili Tim Asistensi korlantas Polri dihadiri langsung oleh Kbp Choiron EL Atiq S.h,M.I.K ,M.H selaku Kasubdittatib Ditgakkum Korlantas Polri, Kompol Deni Setiawan SH, M.T selaku Kasi Gunranmor Subdittatib Ditgakkum Korlantas Polri dan Daruhito Anggoroyakti Tim Teknis ETLE Nasional.

Turut mengikuti secara Via Zoom meeting oleh Wadir Lantas PB, PJU ditlantas, Kasat lantas jajaran, KBO polres Jajaran, Kanit Turjawali jajaran, Banit Tilang jajaran, Kanit Reg ident jajaran serta para Operator ETLE Polda Papua Barat.

Adapun dari hasil eksistensi peninjauan secara keseluruhan Perangkat Etle yang digunakan di Server Polda Papua Barat telah sesuai dengan standar spesifikasi dan teknis ETLE yang ditetapkan dalam program ETLE Nasional.

Diharapkan dukungan dari seluruh warga terkait kesiapan ETLE, maka kedepan penegakan hukum di bidang lantas yang berbasis teknologi informasi, sudah dapat dilaksanakan.

Dimana dalam peninjauan ini juga, Polda Papua Barat sudah mampu menyiapkan dari segi prasarana, kamera, kemudian server.

Tentunya standar kapasitas Jaringan koneksi Internet telah sesuai dgn standar Nasional sehingga gambar dapat terbaca secara maksimal serta gambar video yang di hasilkan dapat terlihat secara akurat, (jaringan metro 20 Mbps dan jaringan Astinet 20 MBps).

Data Electronik Registrasi dan Identifikasi (ERI) secara keseluruhan telah terkoneksi dengan Kotlantas Polri dan jumlah data kendaraan bermotor telah sama sehingga kamera mampu mengidentifikasikan kendaraan berdasarkan Data real kendaraan bermotor.

Selanjutnya, ruang RTMC Papua Barat dinilai layak di gunakan sebagai pusat Back Office ETLE Papua Barat karena dilengkapi dengan Tv Wall dan fasilitas pendukung lain.

Sementara, ruang Posko Gakkum dan Posko Regident yang berada pada satu bangunan merupakan sebuah terobosan baru demi kemudahan kepada pelayanan Masyarakat.

Berdasarkan peninjauan itu, secara keseluruhan Polda Papua Barat di Nilai telah siap melaksanakan Program ETLE Nasional dan dapat mengikuti Lunching ETLE nasional Tahap II yang akan di laksanakan oleh Korlantas Polri. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *