Gubernur Papua Barat Harap, Mubes Byak I Dapat Sejalan Mendukung Pembangunan Daerah.

MANOKWARI, gardapapua.com — Acara Musyawarah Besar Byak – I Se-Papua Barat Tahun 2021, diharapkan dapat sejalan dengan visi dan misi pembangunan Papua Barat yakni sebagaimana tertuang didalam RPJMD 2017-2021 yaitu terwujudnya Papua Barat yang aman sejahtera dan bermartabat.

Demikian hal ini diungkapkan, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutannya, saat resmi membuka dan menghadiri Mubes Byak – I Se-Papua Barat Tahun 2021, Jumat (11/6/2021), di Mansinam Beach Hotel dan Resort Manokwari.

“Maka melalui reposisi masyarakat Byak dalam rangka mewujudkan Eksistensi dalam era Globalisasi khususnya di Papua Barat akan menjadi tolak ukur bagi suku yang ada di tanah papua,”Ucap Gubernur Dominggus Mandacan, dalam sambutan tertulisnya.

Melalui pelaksanaan MUSDA Ke – I Suku Byak se-Papua Barat yang telah dilaksanakan, Gubernur Mandacan meninilai sebagai sebuah eksistensi organisasi dan kesinambungan suku Byak dalam membina hubungan kekerabatan suku Byak di Provinsi Papua Barat secara organisatoris. Dimana penyelenggaraan MUSDA Ke- I suku Byak Papua Barat tahun 2021 ini memiliki fungsi dan peran strategis bagi pembinaan suku Byak khususnya di provinsi papua barat yaitu sebagai wadah dan forum konsulidasi organisasi yang bertujuan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap hubungan kekerabatan suku Byak di papua barat. Sehingga dalam menyusun dan menyepakati kebijakan umum dan program kerja serta memilih ketua dan membentuk kepengurusan suku byak papua barat yang baru masa bhakti 2021 – 2025, diharapkan dapat berjalan secara efektif dan baik.

“Saya berpesan agar manfaatkan Forum ini dengan sebaik-baiknya sebagai saeana komunikasi dan interaksi sosial yang efektif baik antara sesama pengurus suku Byak. Maupun antara sesama suku lainnya untuk membangun persekutuan serta persatuan dan kesatuan yang kuat, membangun visi dan misi bersama serta kerjasama yang erat dan harmonis untuk bersama – sama bersinergi membangun hubungan baik antara seluruh warga masyarakat di provinsi papua barat,”Ujarnya

Sejalan dengan itu juga, Gubernur juga berharap, agar forum MUSDA Ke – I itu mampu menghasilkan program kerja organisasi yang berkualitas untuk dilaksanakan selama 5 tahun kedepan dalam meningkatkan kualitas hidup suku masyarakat Byak diprovinsi papua barat.

“Kiranya melalui Forum ini juga mampu menghasilkan hal yang sifatnya kuat dan berkualitas sehingga mampu mengayomi seluruh lapisan masyarakat Byak dalam organisasi yang dibentuk pada hasil musyawarah besar suku Byak Ke – I serta ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program – porgam pembangunan daerah ini,”Harap Gubernur.

Sementara itu, Bupati Manokwari Hermus Indou dalam saat memberikan sambutannya mengatakan, bahwa suku Byak adalah suku yang dipakai Tuhan sejak dahulu kala, dan suku yang menerima perjanjian Tuhan untuk mengawal negeri, tanah papua.

“Suku ini saya sebut sebagai Suku Lewi di Tanah Papua yang menerima perjanjian Tuhan dan mengawalnya. Saya katakan karena suku ini lebih dulu menerima transformasi peradaban dari luar. Peradaban yang diterima tidak disimpannya sendiri,”Ungkap Bupati Hermus Indou. [Tim/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *