Asah Kemampuan Babinsa, Kodim 1801/Manokwari Gelar Latnister

MANOKWARI, gardapapua.com — Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan teknik bagi satuan kewilayahan dalam pelaksanaan tugas-tugas kewilayahan, Kodim 1801/Manokwari melaksanakan Kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) di Aula Makodim 1801/Manokwari Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, senin (15/03/2021).

Kegiatan Latnister tersebut dibuka langsung oleh Kasdim 1801/Manokwari Letkol Inf Saheri. Adapun yang hadir dalam kegiatan Latnister ini adalah pendukung yang terdiri dari Para Perwira Staf dan Danramil sedangkan pesertanya dari Babinsa jajaran Kodim 1801/Manokwari sebanyak 72 orang.

Mekanisme latihan teknis teritorial ini dilaksanakan selama lima hari dengan tiga tahap yaitu tahap pertama seluruh peserta latihan diberikan pembekalan secara teori, yang ke dua paraktik Parsiil selanjutnya langsung praktik di lapangan. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memantapkan tugas aparat Komando Kewilayahan di tengah- tengah masyarakat atau di wilayah tugasnya.

Dalam kesempatan ini Dandim 1801/Manokwari menekankan melalui Letkol Inf Saheri menyampaikan kepada seluruh peserta kegiatan Latnister agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat. Kasdim berharap adanya latihan Latnister ini dapat memberikan wawasan kepada prajurit agar dapat memahami dan mampu menerapkan sikap dan perilaku sebagai aparat Komando Kewilayahan baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan.

Kasdim juga menambahkan Materi yang dilatihkan dan dikembangkan kepada Babinsa diantaranya 5 (lima) Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Bhakti TNI dan Binwanwil serta diskusi tentang kemampuan mengaplikasikan Sikap Teritorial dan metode Binter dalam pelaksanaan tugas dilapangan sesuai permasalahan yang timbul di daerah masing – masing serta kemampuan pengembangan 5 Kemampuan Ter dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan.

“Di kegiatan ini, Babinsa juga akan diberi pelatihan Tanaman Hidroponik agar seluruh Babinsa jajaran Kodim 1801/Manokwari dapat menerapkan di wilayah binaannya seperti yang telah dilakukan oleh Babinsa Koramil 1801-06/Masni mulai dari tahap tanam hingga tahap panen yang sangat memuaskan,”Tutupnya. [*/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *