Tingkatkan Sinergitas Kemitraan, Humas Polda PB Silaturahmi Bersama Awak Media

MANOKWARI, gardapapua.com — Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi, S.Ik dan jajaran personil Bid Humas Polda, pada kamis (18/2/2021) melaksanakan kegiatan tatap muka dengan sejumlah awak media di Manokwari, Papua Barat, terdiri dari media cetak elektronik (Radio/Televisi) dan online.

Dalam pertemuan terbatas dan disesuaikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 itu bertujuan menjalin silaturahmi serta mempererat hubungan antara pihak Kepolisian dengan Media di wilayah Manokwari Papua Barat guna meningkatkan sinergitas kemitraan antara aparat penegak hukum dengan media dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), khususnya pada wilayah polda papua barat.

“Dari Humas Polda Papua Barat kami laksanakan kegiatan silaturahmi ini tujuannya untuk lebih mempererat hubungan silaturahmi. Karena bagi kami rekan – rekan media dengan humas polda papua barat itu sangat penting untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah papua barat,”Ujar Kabid Humas Kombes Pol Adam Erwindi

Pertemuan tersebut juga sehubungan dengan memperkenalkan tiga (3) program kerja strategi yang akan dilaksanakan jajaran Humas Polda Papua Barat guna mendukung 100 hari kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk semakin memulihkan kondisi pelayanan kepada masyarakat terkait transparansi informasi publik.

Sehingga melalui silaturahmi ini diharapkan peran media dalam rangka membantu tugas kepolisian sebagai pelayan, pelindung, pengayom dan penegak hukum dapat terus dimaksimalkan agar mendapat perhatian positif serta apresiasi masyarakat.

Tiga program tersebut yakni, Transparansi InFormasi untuk Anda (TIFA), Kita Bersama Polisi (Kiberpol), dan Program Survei Kepuasan Masyarakat terhadap kinerja polri yang nanti diterapkan pada situs resmi website polda papua barat yakni :Papuabarat.Polri.go.id.

Kabid Humas merincikan, Program TIFA misalnya ini akan hadir dan dilaksanakan dengan metode live setiap harinya pada pukul 10.00 wit pagi yang dapat diakses pada akun resmi (Humas Polda Papua Barat) disosial media, baik di Instagram (IG), Facebook (FB). Yang dalam kegiatan tersebut pihak humas polda papua barat akan menyampaikan rangkaian – rangkaian informasi yang terjadi 1 x 24 jam pada wilkum jajaran Polda papua barat. Dimana masyarakat akan disungguhkan informasi sekitar kamtibmas, laporan kejadian, laporan lakalantas kemudian laporan hal – hal yang menonjol dan pesan kamtibmas lainnya.

“Ini dilaksanakan setiap harinya. Sehingga masyarakat dapat mengikuti secara langsung dan informasinya dapat dikutip oleh rekan – rekan media juga untuk kebutuhan publikasi,”Ujar Adam Erwindi

Yang kedua, program Kiberpol yakni tujuannya untuk mengedukasi masyarakat bermedsos dengan baik. Sehingga dibentuk sistem yang disebut Virtual Police.

“Di Humas Papua Barat kita berinama Kiberpol yakni (Kita Bersama Polisi) yang mana cara kerjanya untuk melakukan tindakan preventif dan memberikan edukasi pemahaman secara langsung kepada masyarakat, dengan menyasar akun – akun atau postingan yang diunggah masyarakat yang saat bermedia sosial mungkin melanggar UU ITE kita himbau langsung disitu dengan peringatan,”Jelas Adam Erwindi

“Jadi kita langsung himbau disitu apalagi sudah mengarah pada postingan mengarah pada rasis, ujaran kebencian, ataupun provokatif itu kita akan himbau. Bilamana dalam postingan itu tidak ditanggapi, maka sudah pasti yang bersangkutan pemilik – pemilik akun akan berhadapan dengan hukum. Sehingga kalau tidak patuh sudah pasti kita akan sampaikan kepada tim cyber crime, dimana tim cyber crime ini berada dibawah satker ditreskrimsus polda papua barat untuk ditangani,”Tambahnya menerangkan.

Yang ketiga, diharapkan melalui situs resmi/website kepolisian polda papua barat : Papuabarat.Polri.go.id. masyarakat dapat memanfaatkannnya dengan memasukan beberapa ficture (kolom) tentang survei kepuasaan masyarakat terhadap kinerja polri untuk dievaluasi setiap minggunya.

“Jadi silahkan masyarakat memasukan tanggapannya terhadap survei tentang kinerja polri yang tentu kita akan nilai dan evaluasi setiap minggunya. Terus ada forum pengaduan sebagai bagian kritik dan saran masyarakat kepada kami terhadap kinerja anggota kami yang ada di lapangan,”Tukasnya. [Ian/Red]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *