Deklarasi Janji Kinerja 2021, Jajaran Kemenkumham PB Diingatkan Tingkatkan ZI dan Kolaborasi Mitra

MANOKWARI, gardapapua.com — Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat Tahun 2021, pada selasa (16/2/2021), sukses melaksanakan Kegiatan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK /WBBM.

Dimana tujuan dan harapan kegiatan tersebut agar pada jajaran dan lingkungan kerja pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat semakin meningkatkan upaya strategis dalam membangun zona integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

Kegiatan yang dihadiri Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Pejabat Administrator dan Pengawas di Jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat; serta tamu undangan lainnya dan mitra kerja, serta pemerintah daerah provinsi papua barat, dalam hal ini Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, bagai suatu energi pembaharuan agar implementasi dari komitmen Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBK/WBBM) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat dalam program kerja di tahun 2021 dapat tercapai dan terlaksanakan dengan baik nantinya.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara, dalam kesempatannya mengawali sambutannya mengajak semua pihak yang hadir untuk bersama memanjatkan puji syukur yang tak henti-hentinya kepada Tuhan yang maha Pengasih, yang selalu melimpahkan karunia-Nya, sehingga suksesnya kegiatan tersebut.

” Puji syukur kita naikan pada hari ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat untuk mengikuti Pada kesempatan ini, kita bersama-sama kembali menggukuhkan komitmen kita melalui “Deklarasi Janji Kinerja 2021”. Janji Kinerja yang telah kita deklarasikan adalah bagian dari tata nilai Kementerian Hukum dan HAM yang menuntun kita bekerja dan berkinerja secara Profesional, Akuntabel, Sinergi,Transparan dan Inovatif,”Ucap Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara.

Diharapkan, Janji Kinerja yang telah disebutkan, agar bukan hanya sekedar diucapkan tetapi segera dilaksanakan dan diimplementasikan dalam kinerja sepanjang tahun 2021.

Selain itu, Slamet lalu menyampaikan ungkapan terima kasih atas sinergitas dan kolaborasi yang telah terbangun selama ini dalam melaksanakan pembangunan di bidang hukum dan HAM secara berkesinambungan untuk Indonesia khususnya Papua Barat yang semakin maju, agar terus ditingkatkan pada seluruh jajaran Kemenkumham Papua Barat. sehingga capaian Zona Integritas (ZI) sebagai predikat terwujudnya komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan masyarakat semakin baik dilaksanakan dan diterapkan pada setiap wilayah kerja.

Meski tak dipungkiri, berbagai tantangan dan rintangan tentu akan menunggu di depan mata, namun dari hal seperti itulah perlunya kebersamaan untuk mengatasinya dengan menciptakan inovasi-inovasi mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance and Clean Governance).

“Mental, sikap, perilaku dan integritas yang ada pada diri kita akan menentukan keberhasilan dalam mengatasi tantangan dan rintangan yang ada. Salah satu cara untuk memotivasi kita agar bergerak secara serentak, berkinerja untuk Kementerian Hukum dan HAM Papu Barat yang lebih berprestasi lagi yaitu melalui Janji Kinerja yang kita ikrarkan hari ini. Perjanjian Kinerja ini menjadi langkah awal bagi kita untuk mengambil langkah strategis kedepannya. Tentunya kita juga perlu menjaga integritas dan pelayanan kepada masyarakat,”Tukasnya.

Sehingga kepada seluruh jajaran perlu menjaga integritas dan akuntabilitas dalam pelaksaan pencapaian target kinerja yang dibuat agar terarah dan tepat sasaran.

Selanjutnya, memantapkan tekad untuk jauh dari segala bentuk penyimpangan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

“Pencanangan ini menuntut seluruh insan pengayoman khususnya di Papua Barat untuk memiliki tanggung jawab dalam menciptkan Zona Integritas dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. Dengan melaksanakan amanah secara berintegritas dan akuntabel. Saya Berharap, Pada tahun 2021 ini jumlah satuan kerja yang memperoleh predikat WBK/WBBM mengalami peningkatan, yang mana tahun 2020 lalu sebanyak 2 satuan kerja kita yang memperoleh WBK yakni Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Manokwari dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong. Semoga tahun ini lebih banyak lagi satuan kerja kita yang memperoleh Predikat WBK dan satuan kerja yang sudah WBK dapat meningkatkan prestasi sehingga memperoleh predikat WBBM,”Harap Kakanwil Slamet Prihantara.

Dengan demikian, pada seluruh jajaran harus mampu membuktikan kepada publik bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua barat memberikan bukti nyata melayani dengan hati dan mampu mensejajarkan diri dengan Kantor Wilayah di daerah lain.

[*/Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *