Umumkan Hasil Pilkada 2020, DPRD Paripurnakan Yan Imbab – Nicho Ronsumbre Bupati dan Wabup Terpilih

SUPIORI, gardapapua.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Supiori mengumumkan Drs Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih, dalam rapat paripurna Pengusulan Pengangkatan dan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Supiori periode 2021-2026 di ruang paripurna DPRD Supiori di Sorendiweri, Supiori, Jumat (29/1/2021).

Pengumuman itu berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor : 01/PL.02.7-Kpt/9119/KPU-Kab/I/2021 Tentang Penetapan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati Supiori Tahun 2020.

Sidang paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Supiori, Lisias Dawan, S.Pd didampingi Wakil Ketua I DPRD Supiori, Saptawati Trikora Dewi.

Tampak hadir dalam rapat paripurna, Bupati Supiori, Drs Jules Warikar, Wakil Bupati, Onesias Rumere bersama jajaran Muspida Kabupaten Supiori.

Wakil Ketua II DPRD Supiori, Lisias Dawan, S.Pd mengungkapkan rapat paripurna diselenggarakan berdasarkan pasal 79 Undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Diantaranya menegaskan bahwa pemberhentian kepala daerah dan atau wakil kepala daerah yang berakhir masa jabatannya diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Mendagri melalui Gubernur Papua.

“Melalui rapat hari ini (Jumat, (29/1),red) dilakukan pengesahan keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor : 01/PL.02.7-Kpt/9119/KPU-Kab/I/2021 Tentang Penetapan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati Supiori Tahun 2020,”Ungkapnya

Lanjut Lisias, melalui Keputusan DPRD Supiori Nomor 03 tahun 2021 tentang usul pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Supiori periode 2016-2021 dan pengumuman pengangkatan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Supiori periode 2021-2026, maka selanjutnya DPRD melaksanakan pengusulan kepada Kemendagri melalui Gubernur Papua.

“Hasilnya setelah ditetapkan oleh KPU, maka berdasarkan surat dari KPU Kabupaten Supiori perihal pengusulan pengesahan, dan pengangkatan pasangan calon terpilih, maka dalam rapat paripurna kali ini diumumkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih yakni Drs. Yan Imbab sebagai Bupati Supiori terpilih dan Nichodemus Ronsumbre sebagai Wakil Bupati Supiori terpilih,”Ujarnya

Dijelaskan, dalam rapat paripurna kali ini sekaligus diumumkan bahwa telah ditetapkan calon bupati dan wakil bupati tersebut, maka akan berakhir pula masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021 pada bulan Mei 2021.

“Kami menyampaikan selamat dan sukses kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021-2026, selamat melaksanakan tugas dan berkarya untuk Supiori lebih baik kedepan,”Jelasnya

Sementara itu, Bupati Supiori, Drs Jules F. Warikar mengajak semua masyarakat Supiori untuk mensyukuri hasil pilkada 2020,dimana telah sampai pada tahap pengesahan keputusan KPU tentang calon bupati dan wakil bupati terpilih periode 2021-2026 yang mana telah diparipurnakan oleh DPRD Supiori.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Drs Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre yang pada saat ini disahkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori periode 2021-2026, semoga amanah dala membawa Supiori ke arah yang lebih baik lagi, “Bebernya

Pada kesempatan yang sama, Bupati Supiori terpilih, Drs. Yan Imbab menuturkan bahwa proses paripurna yang dilaksanakan oleh DPRD Supiori merupakan sebuah sejarah yang telah terukir dengan baik.

“Kita bersyukur kepada Tuhan, karena sejak awal hingga paripurna ini, semua boleh berjalan dengan baik, kami menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara dalam hal ini KPU, Bawaslu, begitu juga TNI/Polri dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pilkada ini, “Tuturnya

Lanjut Imbab, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada DPRD Supiori atas proses rapat. paripurna yang telah berjalan dengan baik.

“Dengan rapat paripurna ini, maka selanjutnya proses ke Mendagri melalui Gubernur Papua, kami siap mengawal bersama tim,”Lanjutnya
Senada dengan itu, Wakil Bupati Supiori terpilih, Nichodemus Ronsumbre menyampaikan terima kasih kepada Bupati Supiori, Jules F Warikar dan Wabup Supiori, Onesias Rumere yang mana telah melaksanakan program pembangunan.
“Kami berdua (Drs. Yan Imbab-Nicho Ronsumbre, red) siap melanjutkan tongkat estafet pembangunan lima tahun mendatang, “Bebernya.
Pria yang akrab disapa NR, juga berujar pihaknya mengharapkan kepada seluruh simpatisan IMANI dan masyarakat Supiori, agar dapat menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) hingga proses pelantikan nanti.

“Proses yang akan dilaksanakan baik di tingkat provinsi maupun pusat, tentu kita harus menghargai proses, tentu berkaitan dengan pembangunan, apa yang sudah dilaksanakan, kami juga akan melanjutkan pembangunan,”ujarnya.

NR menyebutkan regenerasi kepemimpinan di Supiori harus tetap berjalan dengan baik, meskipun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Supiori belum menyentuh angka triliunan, tetapi dirinya optimis ditangan Drs. Yan Imbab yang paham tentang birokrasi, tentu proses pembangunan, pelayanan pemerintahan hingga pembinaan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik.

“Tentu saya dengan Bapak Yan Imbab bakal bekerja lebih maksimal, seperti yang sudah disampaikan, kami terus berkoordinasi dengan Provinsi, dimana dalam tiga tahun kedepan, kran dari provinsi bisa terbuka, sehingga proses pembangunan dapat berjalan dengan baik,”Sebutnya. [Rls/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *