Umat Katolik Teminabuan Rayakan Misa Natal Tahun 2020

TEMINABUAN, gardapapua.com — Ratusan Umat Katolik St Albertus Agung Teminabuan Sorong Selatan Papua Barat bersukacita merayakan misa malam Natal 24 Desember 2020 bertempat di Gereja Katolik St Albertus Agung Jalan Lamson Tengky Teminabuan.

Ibadah misa malam ini, dipimpin oleh Pastor Paroki Pater Zepto Triffon Polii,Pr. Perayaan Ibadah berlangsung dengan hikmat dan lancar dengan memberlakukan protokoler kesehatan yang ketat sesuai dengan himbauan pemerintah.

Dalam khotbahnya, Pastor Paroki Pater Zepto Triffon Polii,Pr menyeruhkan renungan kepada umat yang pada Intinya memgajak seluruh selaku umat Tuhan untuk tabah dan sabar mengalami keterjepitan dalam hidup.

“Inilah yang kadang membuat pembatasan dan merupakan bagian dari kegelapan yang mana harus kita hindari untuk tidak dimunculkan dalam kehidupan bersama seperti aib, kegagalan, yang mana selalu dihindari,”Jelasnya

“Lanjutnya bahwa sesunggguhnya hal ini terjadi dalam kehidupan kita juga dalam keterjepitan yang lebih luas seperti Wabah Covid 19 yang bergejolak saat ini hal ini bagaikan berefek domino artinya yang satu mengakibatkan yang lain dan berantai efek-efeknya,”Ucapnya

” Sesungguhnya ini semua hanya hal kecil ,ada hal yang lebih besar karena keterkungkungan karena dosa,” Dosa membuat orang sungguh tidak merdeka dan seringkali orang tidak menyadari itu dan peristiwa kelahiran Yesus berkaitan dengan peristiwa penebusan atas dosa yaitu membebaskan dan penebusan dosa dan kita diajak untuk mensyukuri karena Allah mengasihi kita dengan mengutus Tuhan Yesus untuk menebus dosa kita “Syukur Kepada Allah atas semuanya itu karena Allah mencintai maka kita diselamatkan,”Ungkapnya menambahkan.

Ditambahkanya juga, bahwa meskipun dengan segala keterjepitan dan dalam sejarah kehidupan secara pribadi maupun keluarga maupun masyarakat merasakan bengkok, gelap, dan kelam namun Tuhan tetap akan mencintai umatnya.

“Buktinya adalah dia datang ketengah tengah manusia dan tinggal ditengah tengah kita dan mengangkat kita untuk datang kepadanya maka peristiwa Natal sungguh menjadi peristiwa syukur bukan menjadi peristiwa pengulangan setiap tahunnya dan menjadi peristiwa Allah menyapa pribadi kita masing masing untuk mengangkat dan menyelamatkan,”Tukasnya.

Pastor juga menyampaikan kesannya pada Perayaan Natal Tahun 2020 kali ini adalah Natal dengan suasana Natal di paroki St Albertus Agung Teminabuan Tahun 2020 terasa sepi hal ini mungkin terjadi karena situasi dalam kondisi wabah Covid 19. Namun demikian sukacita natal janganlah berkurang atau memudar.

“Meski dimana saat ini tidak terdengar Lagu Pujian Natal yang biasanya diputar dengan suara yang besar, petasan yang berbunyi, keramaian di jalan kota Teminabuan,serta jumlah umat digereja sangat terasa sepi,”Ungkapnya

“Seiring dengan peristiwa Natal yang sepi ini sesungguhnya dipakai oleh Tuhan untuk maksud khusus dari Tuhan,kita diajak untuk masuk lebih jauh kedalam bukan lari keluar, bukan mencari keramaian, akan tetapi merenungkan diri dan merenungkan hidup dan kesempatan Tuhan menyapa kita bahwa sepi itu boleh terjadi, orang boleh meninggalkan kita tetapi Tuhan tidak meninggalkan kita ,”Tandasnya. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *