Bergabung di HIPMI, Ini Target Lamek Dowansiba Untuk Pegaf

MANOKWARI, gardapapua.com — Lima pengurus HIPMI se- Manokwari Raya telah resmi dilantik dan dikukuhkan pada minggu 8 november 2020 di salah satu hotel di kota Manokwari oleh Ketua DPD HIPMI Papua Barat, Andriana Imelda Daat.

Menjadi hal menarik karena di dalam pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) se – Manokwari Raya ini ada beberapa sosok pengurus anak – anak muda papua yang turut bergabung dan di percayakan menjadi pengurus di wilayah daerahnya guna bersama turut mengembangkan kemandirian dunia kewirausahaan, para pengusaha muda Orang Asli Papua (OAP).

Salah satunya, saat dimintai tanggapannya, adalah sosok anak muda bernama Lamek Dowansiba yang didalam kepengurusan HIPMI se – Manokwari raya pada wilayah daerah BPC HIPMI Pegunungan Arfak (Pegaf) ini dipercayakan sebagai Sekretaris BPC HIPMI Pegaf.

Tak menunggu waktu lama, Lamek Dowansiba ketika diwawancarai awak media menyebutkan, dia sebagai anak muda papua mempunyai target dan harapan tersendiri demi untuk memajukan daerahnya nanti melalui dunia kewirausahaan.

Lamek sapaannya menuturkan, bahwa bersama pengurus BPC Pegaf dibawah kepimpinan Yurtinus Mandacan, ST dan anggota bidang lainnya siap untuk segera melebarkan panji HIPMI di Pegaf dengan beberapa program kerja yang kedepan akan bersinergi dengan pemerintah daerah setempat untuk mencetak sebanyak- banyaknya pengusaha muda berkualitas di Pegaf yang akan berkembang dengan salah satu program unggulannya kelak. Mengingat, wilayah Pegunungan Arfak (Pegaf) mempunyai banyak sumber daya yang dapat dikelola dengan baik, guna menuju pertumbuhan kemandirian sektor ekonomi wirausaha masyarakatnya.

Target dari lamek, bahwa melalui HIPMI akan ada banyak pengusaha muda papua yang mampu bersaing dari segala bidang wirausaha yang ada.

” HIPMI ini merupakan salah satu organisasi yang baik bagi pengusaha dan bisnis. Karena zaman sudah berubah, kita sebagai anak – anak muda papua juga harus bisa bersaing. Jangan terlalu terlena dengan sistem yang ada. Tapi bagaimana kita sebagai anak – anak muda papua harus mampu menunjukan bahwa kita bisa bersaing di dunia usaha juga,”Ujar Lamek Dowansiba.

Oleh karena itu, sudah saatnya menurut Lamek, anak – anak papua juga harus bisa berpikir untuk memulai mengembangkan bidang usaha bisnis dan berpola pikir mandiri kedepan.

” Sebagai seorang anak papua yang dipercayakan selaku Sekretaris BPC HIPMI Pegaf kita akan segera berkolaborasi dengan pemerintah daerah, sehingga kedepan HIPMI ini dapat melahirkan regenerasi kader – kader muda pengusaha papua. Sehingga mari kita saling mendukung untuk meningkatkan intensitas anak – anak papua mau berwirausaha,”Jelasnya.

Lamek juga membeberkan, bahwa Pegaf mempunyai banyak potensi yang dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik. Diantaranya adalah sektor pertanian, perkebunan, pariwisata dan pertambangan.

” Kita contoh dan melihat tambang emas di pegaf misalnya yang hari ini belum di tata swakelola pemanfaatannya dengan baik, mestinya bisa pemerintah bisa cepat berinisiatif mengelola melalui satu pintu seperti membuat pertambangan koperasi rakyat. Agar pemanfaatannya dapat tepat sasaran serta memiliki asas manfaat kepada masyarakat sekitar yang adalah pemilik hak – hak ulayat misalnya,”Tandasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *