DaerahGarda Teluk BintuniSudut Pandang

Maknai Hari Lahir Pancasila, Begini Harapan Bung Anisto Untuk Pemuda Bintuni

TELUK BINTUNI, gardapapua.com — Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (DPD) Kabupaten Teluk Bintuni Yohanis Manibuy (Anisto) menginginkan, agar semua pihak, dalam rangka memaknai hari lahir pancasila yang diperingati setiap tanggal 01 Juni ini, dapat merefleksikan dan memaknai Pancasila sebagai ideologi negara dalam kegiatan positif, dan berjuang untuk menjadi corong menyuarakan suara masyarakat.

Salah satunya dengan menghadirkan nilai-nilai dan keutamaan Pancasila dalam aktivitas sehari-hari. Meski tak dipungkiri hingga kini masih sering ditemui tantangan dalam membumikan ideologi negara tersebut.

Namun, seiring dengan Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju“, sepatutnya, dan berdasarkan Dasar negara Pancasila itu untuk pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Pertama Indonesia, Ir Sukarno dalam pidatonya dihadapan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945, konsep dan rumusan awal Pancasila yang pertama kali telah dikemukakan oleh Sukarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka, harus terus digaungkan.

Menurut Anisto sapaan akrabnya, bahwa Pancasila saat ini tidak hanya sebagai dasar negara bagi Indonesia, namun juga ideologi negara ini, sudah sepatutnya harus bersama menjaga keutuhan pondasinya agar segala harapan dan pemerataan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat hingga kepelosok daerah, mestinya dapat disamaratakan.

” Pada momen peringatan hari lahirnya Pancasila 1 juni ini, sebetulnya banyak sekali nilai-nilai Pancasila yang bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama peran kita sebagai generasi muda. Menurut saya, nilai-nilai Pancasila itu dapat diterapkan mulai dari lingkungan keluarga hingga ke tempat kita bergaul, dan bahkan untuk membangun daerah yang kita cintai teluk bintuni ini kearah yang lebih baik. Pemuda harus energik, dan kita harus bisa, karena kita generasi harapan pembangunan bangsa,”Ujar Bung Anisto, senin (1/6/2020).

Kepada para pemuda – pemudi negeri sisar matiti, kabupaten teluk bintuni, Bung Anisto berharap, agar sebagai generasi cemerlang pemuda – pemudi bintuni harus berani tampil dan berprestasi.

“Kita dapat melakukannya dengan cara dan contoh – contoh kecil. Seperti menghormati antar sesama anggota keluarga, sikap saling menghormati antar siswa, menghormati guru, dan selalu berusaha untuk mendapatkan prestasi,”Pesannya

” Dengan peringatan hari lahir Pancasila ini, diharapkan bangsa Indonesia ke depannya dapat lebih mampu membangun jiwa, badan, untuk Indonesia yang lebih baik,”Tambahnya

Anisto menambahkan, bahwa mengembalikan atau mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila di era digital atau milenial ini menjadi suatu hal yang penting untuk menumbuhkan semangat rasa kebangsaan.

Juga pada cara menyampaikan Pancasila bisa dilakukan dengan cara sosialogis dengan menyampaikan realitas-realitas yang ada, juga cara indoktrinasi dengan mengutarakan nilai-nilai dan historisitas dari Pancasila.

” Tentunya dalam menyampaikan Pancasila dalam bentuk perjuangan dan pembangunan bangsa indonesia, dimulai dari pembangunan daerah kita, diperlukan kolaborasi atau gotong royong dari semua pihak,”Imbuhnya

Selain itu, Pancasila yang mengandung 5 sila penting yang mencerminkan idealisme atau cita-cita bangsa Indonesia, dari perjuangan serta pengorbanan para pahlawan dalam memerdekan bangsa Indonesia, sudah tentunya, sebagai pemuda atau kaum milenial tidak bisa hanya duduk menikmati kemerdekaan begitu saja.

” Kita harus aktif dalam mengisi kemerdekaan dengan cara mewujudkan Indonesia yang adil dan damai, yaitu dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan sehari-hari. Sebab kita generasi milenial saat ini berada pada usia produktif yang memiliki peran penting untuk kehidupan kelanjutan berbangsa dan bernegara di masa kini dan masa depan,”Terang Anisto

” Jadi, Ayo dan bersama – sama kita bergotong royong, membangun Teluk Bintuni kearah lebih baik sesuai komitmen indonesia maju,”Tandasnya menegaskan.

Dengan demikian, hakikatnya para generasi milenial harus terus memelihara serta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dapat terus diterapkan untuk menciptakan Indonesia yang damai, aman, tentram serta adil. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *